Internalisasi Konsep Nilai Pada Anak Pemulung (Studi Kualitatif di Sekolah Alam Tunas Mulia – Bantar Gebang Kota Bekasi

NURMAH RAHMAWATI, . (2012) Internalisasi Konsep Nilai Pada Anak Pemulung (Studi Kualitatif di Sekolah Alam Tunas Mulia – Bantar Gebang Kota Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai proses internalisasi konsep nilai pada anak pemulung di sekolah alam tunas mulia Jl. Pangkalan II RT 002 RW 004 Kel. Sumur Batu Kec. Bantar Gebang Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Key informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 5 informan guru, 5 informan anak pemulung, dan expert opinion Drs. Komarudin M.Si. Sedangkan teknik kalibrasi keabsahan data melalui catatan lapangan, diskusi dengan informan dan key informan, triangulasi. Dan teknik analisis yang digunakan adalah display dan reduksi data kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses Internalisasi nilai yang dilakukan SATM bagi anak pemulung adalah mengembangkan nilai-nilai disiplin melalui proses pembelajaran dan nilai religius, sopan santun dan mandiri. Sekolah Alam Tunas Mulia merupakan sekolah alternatif yang mendidik dan memberdayakan anakanak pemulung melalui kurukulum kesetaraan yaitu PAUD, paket A (setara dengan SD), Paket B (setara dengan SMP) Guru yang mengajar di SATM kebanyakan adalah guru sukarelawan. Anak –anak yang bersekolah di SATM tidak dikenakan biaya apapun, setiap alumni yang selesai bersekolah di SATM diberi beasiswa untuk melanjutkan sekolah di tingkat SMK. Fasilitas yang berada di SATM berupa ruang belajar terbuat dari saung, sawah, kebun, kandang ternak dan perpustakaan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah dari internalisasi nilai yang diberikan SATM kepada anak-anak pemulung merupakan awal dari pembentukan sikap anak. kemudian model pengembangan sekolah alam yang dibuat untuk anak pemulung merupakan suatu model sekolah yang telah memberikan skill anak-anak pemulung yang tidak dapat bersekolah. Meskipun jenis pendidikan yang diajarkan adalah mata pelajaran kesetaraan dan mata pelajaran alam, setidaknya anakanak pemulung yang berada di pemukiman Bantar Gebang dapat mengembangkan bakat mereka, dengan mata pelajaran alam guna bekal anak-anak untuk hidup di lingkungan luar dan bekal mereka dalam bekerja. Kata Kunci : internalisasi nilai, model pengembangan sekolah , dan sekolah Alam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Sarkadi, M.Si 2.) M. Maiwan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 17 Dec 2019 12:15
Last Modified: 17 Dec 2019 12:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item