PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PASSING PADA PERMAINAN FUTSAL SISWA SMPN 3 CITEUREUP – BOGOR

SARAH SANGITA SARI, . (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PASSING PADA PERMAINAN FUTSAL SISWA SMPN 3 CITEUREUP – BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memahami, menerapkan dan mengembangkan metode jigsaw dalam upaya meningkatkan passing permainan futsal di SMPN 3 Citeureup. Subjek penelitian adalah peserta didik SMPN 3 Citeureup, sejumlah 15 peserta didik. Subyek penelitian ini mempunyai kemampuan yang berbeda-beda yakni ada sebagian peserta didik yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sehingga peserta didik SMPN 3 Citeureup rata-rata berkemampuan rendah. Teknik Pengumpulan Data melalui Observasi Pengamatan dan Tes yang dilakukan untuk melakukan langkah-langkah yang sudah ada di RPP. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus, yaitu siklus yang satu dengan yang lainnya merupakan rangkaian yang saling berkaitan. Setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I dan siklus II, mulai menunjukkan kemajuan atau peningkatan hasil belajar pada materi pokok futsal sesuai harapan. Hasil rata-rata nilai pada tahap perencanaan adalah 72,6, rata-rata nilai pada siklus I adalah 74,3 dan rata-rata nilai siklus II adalah 80,1. The purpose of this research is to understand, apply and develop the jigsaw method in an effort to improve the passing of the futsal game at SMPN 3 Citeureup. The research subjects were students of SMPN 3 Citeureup, a total of 15 students. The subjects of this study have different abilities, namely there are some students who have high, medium, and low abilities so that students at SMPN 3 Citeureup on average have low abilities. Data Collection Techniques through Observation Observations and tests were carried out to carry out the steps already in the lesson plan. This research was carried out in several cycles, namely one cycle with another is a series of interrelated. After the jigsaw type cooperative learning was carried out in cycle I and cycle II, it began to show progress or increase in learning outcomes on the subject matter of futsal as expected. The average score at the planning stage was 72.6, the average score in the first cycle was 74.3 and the second cycle average was 80.1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Slamet Sukriadi, M. Pd ; 2). Rizky Nurulfa, M. Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 13408 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:31
Last Modified: 07 Mar 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23603

Actions (login required)

View Item View Item