TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT SMA BERBASIS PRINSIP KEILMIAHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN

DEANEIRA CANTIKA ISLAMI, . (2022) TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT SMA BERBASIS PRINSIP KEILMIAHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Deaneira Cantika Islami. 2022. Telaah Buku Teks Pelajaran Bahasa Mandarin Tingkat SMA Berbasis Prinsip Keilmiahan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Mandarin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Bahan ajar yang merupakan sumber bagi guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar harus disusun berdasarkan prinsip keilmiahan. Prinsip keilmiahan merupakan prinsip dasar dari penyusunan bahan ajar (Liu, 2000: 314-317). Bahan ajar yang ilmiah merupakan bahan ajar memiliki konten berupa materi pelajaran yang didasarkan pada hasil penelitian yang telah melalui serangkaian prosedur dan metode penelitian tertentu. Fokus penelitian ini adalah keakuratan penulisan ejaan Hanyu Pinyin yang merupakan salah satu aspek kebakuan bahasa Mandarin dalam prinsip keilmiahan penyusunan bahan ajar bahasa Mandarin menurut Liu (2000: 315), serta Li dan Jin (2008: 110). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis penulisan huruf, kata, dan diakritik tona pada ejaan Hanyu Pinyin dalam Buku “Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X” berdasarkan aturan penulisan ejaan Hanyu Pinyin yang dikutip dari Huang (dalam Trihardini, 2020: 21), Aturan Dasar Sistem Ejaan Hanyu Pinyin (Standar Nasional Cina) yang diterbitkan tahun 2012, dan Kamus Bahasa Mandarin Modern edisi ke-6 yang diterbitkan oleh The Commercial Press, Beijing tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 130 kesalahan penulisan huruf (3.92%), 311 kesalahan penulisan kata (9.38%), dan 121 kesalahan penulisan diakritik tona (3.65%) dari total 3315 penulisan ejaan Hanyu Pinyin dalam Buku “Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X”. Dilihat dari persentase kesalahan, maka baik penulisan huruf, kata, maupun diakritik tona, ketiga termasuk ke dalam tingkat kesalahan sangat rendah. Dengan demikian, tingkat keakuratan penulisan huruf, kata, dan diakritik tona pada ejaan Hanyu Pinyin dalam Buku “Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X” dapat dikatakan sangat baik. Kata kunci: Telaah Buku Teks, Bahasa Mandarin Tingkat SMA, Prinsip Keilmiahan, Hanyu Pinyin ABSTRACT Deaneira Cantika Islami. 2022. Study of Chinese Language Textbooks for High School Level Based on Composing Chinese Teaching Materials’ Scientific Principles. Undergraduate Thesis, Department of Chinese Language Education, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. Teaching materials, which are a resource for teachers in teaching and students in learning, must be composed based on scientific principles. Scientific principles are the basic principle of composing teaching materials (Liu, 2000: 314-317). Scientific teaching materials are teaching materials that contain content in the form of subject matter based on study results that have gone through several procedures and certain research methods. The focus of this study is the accuracy of writing Hanyu Pinyin spelling, which is one aspect of the standardization of the Chinese Language in the scientific principles of composing Chinese teaching materials according to Liu (2000: 315), Li and Jin (2008: 110). This research was conducted by analyzing the writing of letters, words, and tone diacritics in Hanyu Pinyin spelling in the book "Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X" based on the Hanyu Pinyin spelling writing rules quoted from Huang (in Trihardini, 2020: 21), the Basic Rules of Hanyu Pinyin (Chinese National Standard) Spelling System released in 2012, and the 6th edition of the Modern Chinese Dictionary published by The Commercial Press, Beijing in 2012. The results showed that there were 130 letter writing errors (3.92%), 311 word writing errors (9.38%), and 121 tone diacritical writing errors (3.65%) out of a total of 3315 Hanyu Pinyin spelling in the book "Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X". Based on the percentage of errors in writing letters, words, and tone diacritics, all three are included in the very low error rate. Thus, the accuracy of the written letters, words, and tone diacritics in the spelling of Hanyu Pinyin in the book "Bahasa Mandarin untuk SMA/MA Kelas X" can be said to be very good. Keywords:Study of Textbook, Chinese Language for High School Level, Scientific Principles, Hanyu Pinyin

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Aprilia Ruby Wikarti, M.A. 2) Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S., M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 14001 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:55
Last Modified: 07 Mar 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23605

Actions (login required)

View Item View Item