PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP

ARDY RAMDAN, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran interaktif dengan menggunakan edpuzzle pada mata pelajaran IPA kelas IX SMP materi listrik statis. Pengembangan media video pembelajaran interaktif ini menggunakan model Hannafin dan Peck (1988). Model ini terdiri dari tiga tahapan dan di setiap tahapnya terdapat evaluasi yaitu tahap penilaian kebutuhan (need assessment), tahap desain (design), pengembangan dan implementasi (develop/ implement). Teknik evaluasi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah evaluasi formatif, dengan melibatkan ahli (expert review) dan pengguna/peserta didik. Hasil dari expert review ahli mendapatkan skor sebagai berikut: ahli materi mendapatkan nilai 3,94 yang dikategorikan Sangat Baik, ahli media mendapatkan nilai 3,18 yang dikategorikan Baik, dan ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 3,27 yang dikategorikan Sangat Baik. Hasil dari pengguna one to one evaluation mendapatkan nilai 3,49 yang dikategorikan Sangat Baik dan pengguna small group evaluation mendapatkan nilai 3,24 yang dikategorikan Baik. Selanjutnya hasil evaluasi belajar memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,88 yang dikategorikan Cukup Baik berhasil melampaui kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 70. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh, maka produk video pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa kelas IX pada mata pelajaran IPA materi listrik statis sekolah menengah pertama. This development research aims to produce interactive learning video media using edpuzzle in static electricity for class IX science subjects in junior high school. The development of this interactive learning video media uses the model of Hannafin and Peck (1988). This model consists of three stages and at each stage there is an evaluation, namely the needs assessment stage, the design stage, development and implementation. The evaluation technique used in this development research is formative evaluation, involving experts (expert review) and users/students. The results of the expert review experts get the following scores: material experts get a score of 3.94 which is categorized as very good, media experts get a score of 3.18 which is categorized as good, and learning design experts get a score of 3.27 which is categorized as very good. The results of one to one evaluation users get a score of 3.49 which is categorized as Very Good and users of small group evaluations get a score of 3.24 which is categorized as Good. Furthermore, the results of the learning evaluation obtained an average value of 78.88 which was categorized as Good Enough, successfully exceeding the minimum completeness criteria of 70. Based on the results obtained, the interactive learning video product developed was suitable to be used as a learning medium to help class IX students in science subjects for junior high school static electricity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. RA Murti Kusuma W.S.IP, M.Si ; 2). Drs. Zuhdy HS, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13199 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:25
Last Modified: 08 Mar 2022 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item