EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MASDAYAROH, . (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Masdayaroh. Rosmawita Saleh. Tuti Iriani. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah konstruksi bangunan I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan bentuk randomized pretest-posttest control group design. Teknik sampel pada penelitian ini adalah availability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pretest dan posttest yang diberikan pada dua kelas, eksperimen dan kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji Mann-Whitney U, didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed)<∝_tabel (0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikansi data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan uji N-gain media pembelajaran berbasis multimedia tersebut masuk dalam kategori average atau cukup efektif, dengan persentase nilai interval gain adalah 56% – 76%. Sedangkan N-gain kelas kontrol berada pada persentase interval 40% – 55% dengan kategori low atau kurang efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 58% pada kelas eksperimen yang diberikan treatment dengan menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia, dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan treatment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang signifikan pada mata kuliah konstruksi bangunan I. Kata Kunci: Efektivitas, Multimedia, Konstruksi Bangunan I ABSTRACT Masdayaroh. Rosmawita Saleh. Tuti Iriani. 2022. Effectiveness of The Use of Multimedia-Based Learning Media in Building Construction Courses I Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. This research aims to find out the effectiveness of the use of multimedia-based learning media in building construction courses I. The research method used in this study is an experimental quasi method with a randomized form of pretest-posttest control group design. The sample technique in this study is availability sampling. Data collection is done with pretest and posttest instruments given to two classes, experiments and controls. The statistical test used is a non-parametric statistic with the Mann-Whitney U test, obtained asymp.Sig (2-tailed) <∝_tabel (0.05) which means there is a difference in the significance of the experiment class posttest data and the control class. With the N-gain test multimedia-based learning media is included in the category of average or quite effective, with the percentage value of the gain interval is 56% - 76%. While N-gain control class is at interval percentage of 40% – 55% with low or less effective categories. The results showed that there was an average increase in learning outcomes by 58% in experimental classes given treatment by applying multimedia-based learning media, compared to control classes that were not given treatment. Thus it can be concluded that multimedia-based learning media is effective in improving significant learning outcomes in building construction courses. Keywords: Effectiveness, Multimedia, Building Construction I

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd. 2) Dr. Tuti Iriani, M. Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 13936 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:05
Last Modified: 08 Mar 2022 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item