MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARING MATA KULIAH BERBICARA BAHASA MANDARIN

DEWI TANIA, . (2022) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARING MATA KULIAH BERBICARA BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dewi Tania. 2022. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan Mata Kuliah Berbicara Bahasa Mandarin. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia telah memberlakukan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar dari Rumah (BDR) untuk memutus penyebaran dan penularan Covid-19 di Indonesia. PJJ dapat dilaksanakan dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Mendukung kebijakan ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PSPBM FBS UNJ) telah melaksanakan PJJ daring sejak Maret 2021. Namun, PJJ daring ini dikhawatirkan akan membawa dampak negatif bagi psikologis (motivasi) mahasiswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan kondisi motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif mengacu pada 7 indikator motivasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan skala likert dan disampaikan kepada responden melalui Google Form. Responden berjumlah 52 orang yang semuanya adalah peserta mata kuliah Berbicara I-IV di PSPBM FBS UNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mayoritas mahasiswa dapat berkonsentrasi saat perkuliahan berlangsung; (2) mayoritas mahasiswa memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang akan disampaikan saat perkuliahan berlangsung; (3) mayoritas mahasiswa memiliki semangat saat mengikuti perkuliahan; (4) mayoritas mahasiswa memiliki rasa kemandirian dalam belajar; (5) mayoritas mahasiswa lebih mempersiapkan mental dengan baik, dibandingkan mempersiapkan fisik; (6) mayoritas mahasiswa memiliki sikap pantang menyerah melatih produksi ujaran lisan; dan (7) mayoritas mahasiswa memiliki kepercayaan diri selama mengikuti perkuliahan. Kata Kunci: Motivasi, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan, bahasa Mandarin, keterampilan berbicara. ABSTRACT Dewi Tania. 2022. Students’ Learning Motivation in Chinese Language Speaking Skills in Online Distance Learning. Undergraduate Thesis. Jakarta. Departement of Chinese Language Education. Faculty of Language and Arts. State University of Jakarta. The Ministry Education and Culture (Kemendikbud) of the Republic of Indonesia has implemented a Distance Learning (PJJ) or Learning from Home (BDR) to stop the spread and transmission of Covid-19 in Indonesia. PJJ can be implemented in the network (online) or outside the network (offline). Supporting this policy, the Departement of Chinese Language Education, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta (PSPBM FBS UNJ) has been implementing PJJ since March 2021. However, it is worried that online PJJ will have a negative impact on student psychology (motivation). Therefore, this study is conducted to describe the condition of students' learning motivation. This study adopts a qualitative descriptive approach referring to 7 indicators of motivation. The data collection technique in this study adopted a survey method with a Likert scale and distributed to respondents via Google Form. The respondents are 52 people, all of whom were participants in the Basic Speaking level 1 to 4 at PSPBM FBS UNJ. The results of the study show: (1) the majority of students were able to concentrate during lectures; (2) the majority of students are curious about the material that will be delivered during the lecture; (3) the majority of students have enthusiasm when attending lectures; (4) the majority of students have a sense of independence in learning; (5) the majority of students are better prepared mentally than physically; (6) the majority of students have a persistent attitude in practicing oral speech production; and (7) the majority of students have confidence during their lectures.Keywords: Motivation, online distance learning, Chinese language, speaking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ayu Trihardini, M.A. 2). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 13765 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:55
Last Modified: 04 Aug 2022 02:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item