PEMBELAJARAN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI IRAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Studi Deskriptif di Kelas I SDLB Pangudi Luhur Jakarta Barat)

ADITYA MULYA POETRA, . (2022) PEMBELAJARAN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI IRAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Studi Deskriptif di Kelas I SDLB Pangudi Luhur Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi terkait pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Irama di Kelas 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Pangudi Luhur Jakarta Barat bagi peserta didik tunarungu pada masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi cara dan proses pembelajaran yang terkait dengan strategi, proses pelaksanaan dan faktor pendukung serta penghambat pembelajaran. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomologis untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena yang terjadi adalah pembelajaran daring pada pembelajaran BKPBI di kelas 1 SDLB Pangudi Luhur pertama strategi secara online, kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan platform online dan guru membuat video dan lembar pekerjaanya sendiri sebagai tugas yang kemudian peserta didik merekam tugas tersebut sebagai hasil pembelajaran, terakhir pembelajaran secara daring ini juga memiliki faktor pendukung dan penghambatnya terutama bagi guru, peserta didik dan pendamping peserta didik. This research aims to describe information related to learning of Rhythm Sound Perception Communication in Class 1 of Pangudi Luhur Elementary School in West Jakarta for deaf learners during the covid-19 pandemic that affects the way and learning process related to strategies, implementation processes, supporting and learning inhibitions factor. Then the study used a descriptive qualitative approach with phenomological methods to describe the phenomena that occur in the field. The results showed first that the phenomenon that occurred was online learning in BKPBI learning in the 1st grade of SDLB Pangudi Luhur greatly influenced the learning process, using online platforms and teachers made their own videos and worksheets as tasks that then learners recorded the task as learning results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dt. Ishak Gerard Bachtiar, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14065 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:20
Last Modified: 11 Mar 2022 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23892

Actions (login required)

View Item View Item