HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 72 JAKARTA

RISA NOVIA NITA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 72 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RISA NOVIA NITAA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 72 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri 72 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 106 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data Kesiapan Belajar (Variabel X) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden sedangkan data Hasil Belajar (Variabel Y) didapatkan dengan cara mengambil nilai ulangan tengah semester periode 2016/2017. Persamaan regresi yang dihasilkan Ŷ = 6,916 + 0,603X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,080 dan Ltabel = 0,096. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal karena Lhitung (0,080 ) < Ltabel (0,096). Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung (1,44) < Ftabel (1,67), artinya persamaan regresi tersebut linear. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (52,51) > Ftabel (3,96), maka persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,622, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 7,25 dan ttabel = 1,67 . dengan demikian dinyatakan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,622 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 38,75% menunjukan bahwa 38,75% hasil belajar ditentutukan oleh kesiapan belajar dan sisanya 61,25 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 72 jakarta. This study aims to determine whether there is a relationship between the readiness of learning with the results of learning on economic subjects at SMAN 72 Jakarta. This research was conducted for three months starting from March to May 2017. The research method used is survey method with correlational approach. The population in this study is all SMA Negeri 72 Jakarta. The reach population is all students of class XI of 106 students. The sample used in this research is 85 students by using proportional random sampling technique. Data Readiness Learning (Variable X) was obtained by providing questionnaires to the respondent while the data Learning Outcomes (Variable Y) obtained by taking the value of daily test period 2016/2017. The resulting regression equation Ŷ = 6.916 + 0.603X. Test requirement analysis is test normality error estimation regression Y over X with Lilliefors test yield L arithmatic = 0,080 and Ltabel = 0,096. Thus it can be said that the data is normally distributed because Lhitung (0,080) <Ltabel (0,096). The regression linearity test yields Farithmatic (1.44) <Ftable (1.67), meaning that the regression equation is linear. Hypothesis testing with regression significance test yield F arithmatic (52,51)> F table (3,96), then the regression equation is significant. Coefficient of product moment correlation from pearson resulted in rxy = 0,622, then tested significance of coefficient correlation by using t test and generated tct = 7,25 and ttable = 1,67. Thus it is stated that the correlation coefficient rxy = 0.622 is significant. The coefficient of determination obtained by 38.75% shows that 38.75% of learning outcomes are determined by the readiness of learning and the remaining 61.25% influenced by other variables that are not examined. Based on the results of research can be concluded that there is a positive and significant relationship between the readiness of learning with the results of learning on economic subjects in SMA Negeri 72 jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Roni faslah, S.Pd, MM 2) Munawaroh, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:56
Last Modified: 09 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23951

Actions (login required)

View Item View Item