PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA

RINI SITI ROHAENI, . (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RINI SITI ROHAENI_8105133216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 1 Jakarta yang berjumlah 120 orang siswa dengan sampel 89 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 10,764 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988. Motivasi belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,860 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988. Secara simultan ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 71,800 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,100. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,791dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 62,5%. The aim of this research is to know the influences of the emotional quotient and learning motivation to learning outcomes of accounting introducton subject of eleventh grade accounting students in PGRI 1 Jakarta Vocational School partially or simultaneously. This research used quantitative approach as the survey method. The collecting data process required documenting, analyzing, and questionaire techniques. The populations in this research were 120 eleventh grade accounting students in PGRI 1 Jakarta Vocational School with 89 students as the sample. The data analysis used multiple linear regression and hypothesis testing, which consists of t and F testing. According to the result of data analyzing, it is known that there is partially influences between emotional quotient and the study achievement. It can be seen from the data analysis showed that tcalculate, which is 10, 764 is bigger than t table, which is 1.988. There is also partially influences between study motivation and study achievement according to the result of data analysis showed tcalculate, which is 4860, is bigger than ttable, which is 1988. Simultaneously influence is found between emotional qoutient and study motivation to the study achievement. According to the result of data analysis, showed that Fcalculate, which is (berapa angkanya), is bigger than Ftable, which is (angka again). There are positive and significant influences between emotional quotient (EQ) and learning motivation, toward the study achievement with double correlation coefficient (angka). Thus, this research hypothesis is accepted, next is known that determinant coefficient R2 is 62,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ati Sumiati, S.Pd, M. Si 2) Erika Takidah, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:41
Last Modified: 05 Sep 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item