PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMAN 1 TARUMAJAYA DI KABUPATEN BEKASI

RIMA MAHARANI AZIZ, . (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMAN 1 TARUMAJAYA DI KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIMA MAHARANI AZIZ.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tarumajaya, selama tiga bulan sejak Februari 2017 sampai dengan April 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian R & D adalah metode penelitian yang secara sengaja, sistematis, bertujuan atau diarahkan untuk mencari temukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode atau strategi atau cara, jasa, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Penelitian ini dimaksud untuk mengembangkan produk berupa model pembelajaran ekonomi berbasis pendidikan karakter pada siswa SMAN 1 Tarumajaya di Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan tingkah laku siswa menjadi lebih baik melalui pendidikan karakter. Subjek uji coba pengembangan pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tarumajaya di Kabupaten Bekasi, Tahun pelajaran 2017. Kelas yang diteliti sebanyak dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas XI IPS 1 terdiri dari 42 siswa dan siswa kelas XI IPS 2 terdiri dari 42 siswa. Hasil uji beda pretes dan postes kelas kontrol memiliki Asymp.Sig sebesar 0,41 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk hasil uji beda pretes dan postes kelas eksperimen memiliki Asymp.Sig sebesar 0,004 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. This research was conducted at SMAN 1 Tarumajaya, for three months from February 2017 until April 2017. The research method used in this research is Research and Development (R & D). Research and development methods are used to produce a particular product and test the effectiveness of the product. R & D research is a deliberate, systematic, purposeful or directed research method for finding, defining, improving, developing, producing, testing the effectiveness of a product, model, method or strategy or a new, superior, Effective, efficient, productive and meaningful. This research is intended to develop products in the form of economic learning model based on character education in SMAN 1 Tarumajaya students in Bekasi Regency. The purpose of this study is to develop a learning model that is used to develop student behavior to be better through character education. The subjects of development trials in this study were students of SMAN 1 Tarumajaya in Bekasi Regency, Year lesson 2017. The classes studied were two classes, XI IPS 1 as experimental class and XI IPS 2 as control class. Number of students class XI IPS 1 consists of 42 students and students of class XI IPS 2 consists of 42 students. Different test results of pretest and postes control class have Asymp.Sig of 0.41 which means there is no significant difference. For test result of pretest and postes of experiment class class has Asymp.Sig equal to 0,004 which means there is significant difference. The results of the calculations conclude that there are better characteristic differences in the experimental class compared with the control class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si 2) Suparno, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:02
Last Modified: 09 Mar 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item