AULIA PUTU WARDHANY, . (2022) PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGENALKAN BAGIAN TUBUH HEWAN BAGI ANAK AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (759kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (804kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book untuk membantu mengenalkan bagian-bagian tubuh hewan pada siswa autisme. Penelitian ini dilakukan di SLB Mini Bakti. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 siswa autisme kelas VI. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan telah ditinjau oleh ahli materi, ahli media, dan ahli kekhususan autisme. Tinjauan dari para ahli mendapatkan hasil rerata sebesar 87% termasuk ke dalam kategori sangat baik. Evaluasi formatif melalui uji coba one to one evaluation. Peningkatan dan penyempurnaan media pembelajaran Pop Up Book telah dilakukan berdasarkan evaluasi formatif. Uji coba one to one evaluation mendapatkan hasil sebesar 87% termasuk ke dalam kategori sangat baik. Jadi bisa disimpulkan bahwa hasil penelitian ini sudah dapat dimanfaatkan dalam mengenalkan bagian-bagian tubuh hewan kepada siswa autisme. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap one to one evaluation dan bisa dilanjutkan sampai pada tahap uji small group trial dan field trial sehingga efektivitas dari media pembelajaran Pop Up Book Mengenal Bagian-Bagian Tubuh Hewan lebih terlihat. The purpose of this research is to develop a learning media Pop Up Book to assist introduce parts of body animals to autism students. This research was conducted in SLB Mini Bakti. Students involved in this study are 3 autism students in class VI. The method of research is Research and Development using the ADDIE model. Product developments have been reviewed by material experts, media expert, and autism expert. The results obtained from experts review 87% of very good categories. Formative evaluation through a one to one evaluation trial. Enhancement and repair learning media Pop Up Book have been carried out based on formative evaluation. The one to one evaluation trial got a result for 87% of very good categories. So it can be concluded that the results of this study can be used in introducing body parts of animals to autism students. This research was conducted up to one to one evaluation stage and can be continued up to the small group trial and field trial stage so that the effectiveness of the Pop Up Book learning media on Knowing Animal Body Parts is more visible.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 14186 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 03:58 |
Last Modified: | 18 May 2022 06:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23987 |
Actions (login required)
View Item |