PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN DAN STATUS EKONOMI ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS X SMAN 12 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

RETNO WIJAYANTI, . (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN DAN STATUS EKONOMI ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS X SMAN 12 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Retno Wijayanti - 8105132124.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Pengaruh Motivasi Belajar Al-Quran dan Status Ekonomi Orangtua terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas X SMAN 12 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 berdasarkan data dan fakta yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa muslim kelas X SMA Negeri 12 Jakarta sebanyak 174 siswa. Populasi terjangkau nya ialah siswa muslim kelas X IPS SMA Negeri 2 Jakarta berjumlah 82 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel yang digunakan ialah keseluruhan dari populasi terjangkau yaitu 82 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada pengaruh secara parsial antara motivasi belajar Al-Quran dengan kemampuan membaca Al-Quran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,167 lebih besar dari ttabel sebesar 1.990. Dan juga ada pengaruh antara status ekonomi orangtua dengan kemampuan membaca Al-Quran, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 2,299 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. Kemudian berdasarkan hasil uji F didapatkan hasil secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar Al-Quran dan status ekonomi orangtua terhadap kemampuan membaca Al-Quran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 21,031 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,112. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar Al-Quran dan status ekonomi orangtua terhadap kemampuan membaca Al-Quran dengan koefisien korelasi ganda (R) 0,582 dengan demikian hipotesis penelitian diterima, selanjutnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,339 yang artinya sebesar 33,9% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan membaca Al- Quran. This research purpose is to find out the influence of Al-Quran study motivation and parents status economic to the ability to read Al-Quran students class X in 12 senior high school (SHS) Jakarta of academic year 2016/2017 based on data and facts are valid and reliable. The study was conducted in 12 SHS Jakarta. The methode used was survey method with quantitative approach. The collecting of the data uses the interview, the registraton of documents and the questionnaire. Total population of this study is all moeslem students class X 12 SHS in Jakarta totaling 174 students. Population affordable is moeslem students class X program sosial science 12 SHS in Jakarta totaling 82 students. The sampling technique using purposive samping is all the population affordable totaling is 82 students. Data analysis technique used is multiple linear regression, correlation coefficient analysis and hypothesis testing consisting of t test and F test. Based on the result of data analysis known that there was a partial influence between Al-Quran study motivation with the ability to read Al-Quran. Can be seen from the result of data analysis showed thitung amounted to 3,167 greater than ttabel 1,990. And was a partial influence between parents status economic with the ability to read Al- Quran, can be seen data analysis showed thitung amounted to 2,299 greater than ttabel 1,990. Based on F test there is simultaneosly influence between Al-Quran study motivation and parents status economic to the ability to read Al-Quran. Can be seen from data analysis result Fhitung amounted 21,031 greater than Ftabel amounted 3,112. There are possitive influence and significan between Al-Quran study motivation and parents status economic to the ability to read Al-Quran with multiple correlation coefficient (R) 0,582 thus the research hypothesis is accepted, then known coefficient of determination (R2) is 0,339 which means that 33,9% of these two variables jointly affect the ability to read Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si 2) Suparno, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 05:53
Last Modified: 09 Mar 2022 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item