HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2016

RATNA DEWI SAFITRI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ratna Dewi Safitri 8105133169.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2016 di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai Juli 2017. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kependidikan Fakultas Ekonomi angkatan 2016, dengan populasi mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Tata Niaga angkatan tahun 2016 berjumlah 311 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel acak proporsional dengan jumlah sampel sebanyak 167 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesionerTeknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistic 21 di mulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu teknis uji normalitas dengan menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan di dapat X1 sebesar 0,151, X2 sebesar 0,178, dan Y sebesar 0,149 semuanya lebih besar dari signifikan 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemungkinan mencari uji asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, dengan nilai tolarance sebesar 0,506 yang lebih besar dari 0, 01 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,977, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas. Mencari uji heteroskedastisitas yang menghasilkan nilai signifikan X1 0,720 dan X2 0,699, karena nilai signikan lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ= 4,573 + 0,543 X1+ 0,633 X2. Uji hipotesis meliputi uji koefisien korelasi parsial Y dan X1 bila X2 konstan menghasilkan nilai 0,965, uji koefisien korelasi parsial Y dan X2 bila X1 konstan menghasilkan nilai 0,972 uji koefisien korelasi berganda X1, X1 dengan Y menghasilkan nilai 0,943. Uji F dalam tabel ANOVA diketahui Fhitung 16,024 > Ftabel 3,05 . Uji t menghasilkan thitung 7,149 dari pola asuh orang tua > t tabel 1,654 dan thitung 20,332 dari konsep diri > t tabel 1,654. Uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 89%, sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan konsep diri terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2016 di Universitas Negeri Jakarta. Saran mahasiswa diberikan bimbingan dan latihan (tugas) untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam perkuliahan. This study aims to determine whether there is a relationship between Parenting and Self Concept with Self-Directed Learning to Educational Students Faculty of Economics 2016 in State University of Jakarta. This research was conducted for 5 months starting from March 2017 until July 2017. This research use survey method with quantitative approach, population in this research is educational student of Faculty of Economics 2016, with population of student of Economics Education and Commerce Education 2016 amounted 311 people. The research sampling technique used random sample proportional with the number of samples counted 167 people. Technique of collecting data using questionnaire technique. Data analysis techniques using IBM SPSS Statistic 21 program started by looking for test requirements analysis that is technical normality test by using Komolgrov Smirnov Z method and in can X1 of 0.151, X2 of 0.178, and Y of 0.149 are all greater than significant 0.05 then Data is normally distributed. Possible searches for classical assumption assays include multicolinearity tests, and heteroscedasticity tests. From the multicolinearity test result of tolarance value of 0,506 which is bigger than 0,01 and VIF less than 10 that is 1,977, it can be concluded that there is no multicollinearity problem. Looking for heteroscedasticity test that yields significant value X1 0,720 and X2 0,699, because significant value more than 0,05 hence there is no problem of heteroscedasticity. The regression equation in can is Ŷ = 4,573 + 0.543 X1 + 0.633 X2. Hypothesis test consist of partial correlation coefficient test of Y and X1 when X2 constant give 0,965 value, partial correlation coefficient test Y and X2 if X1 constant give 0,972. multiple test results X1, X1 with Y yields a value of 0.943. Test F in ANOVA table is known Fcount 16.024> Ftable 3.05. Test t produces t count 7,149 from parenting> t table 1,654 and t count 20,332 from self concept> t table 1,654. Determination coefficient test obtained results of 89%, the rest of 11% influenced by other factors not examined. The conclusion of this study is there is a significant relationship between parenting and self-concept of learning independence in the students of the Faculty of Economics class of 2016 at the State University of Jakarta. Suggestion students are given guidance and training (tasks) to improve learning independence in lectures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Osly Usman, SE., M.Bus. Mgt. 2) Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:03
Last Modified: 09 Mar 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item View Item