PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 09

KARTIKA DWI NINGRUM, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 09. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Berbagai media pembelajaran dibuat untuk dapat menunjang kegiatan pembelajaran agar menarik perhatian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik elektronik sistem peredaran darah manusia terintegrasi augmented reality dalam meningkatkan minat belajar kelas V SDN Manggarai 09. Penelitian research and development ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dalam bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Validasi produk melibatkan ahli materi, bahasa dan media. Validasi kelayakan produk melibatkan guru yang mengajar di kelas V. Uji keterbacaan peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Subyek penelitian yaitu kelas V SDN Manggarai 09 Jakarta Selatan yang terbagi dalam dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka media komik elektronik sistem peredaran darah terintegrasi augmented reality dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V. Pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya belum ada komik elektronik yang terintegrasi augmented reality yang digunakan untuk ranah pendidikan sekolah dasar, sehingga penelitian ini akan menjadi warna baru bagi media pembelajaran di sekolah dasar. Implikasi studi ini untuk praktik pembelajaran sistem peredaran darah manusia dengan pemanfaatan media komik elektronik yang terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: komik elektronik, augmented reality, minat belajar, e-comic, pembelajaran IPA, sekolah dasar. ********* Interest in learning is one of the necessary components learning process in the classroom. Various learning media are made to support learning activities to attract the attention of students' learning. This study aims to produce an electronic comic of the human circulatory system integrated with augmented reality to enhance interest in learning for fifth grade at SDN Manggarai 09. This research and development research uses a quasi-experimental method of a nonequivalent pretest-posttest control group design. Product validation involves material, language, and media experts. Validation of product feasibility involves fifth-grade teachers. Test the readability of students through individual trials, small group trials, and field trials. Data collection techniques used are interviews, observation, documentation, and questionnaires. The research subject is class V SDN Manggarai 09 South Jakarta into two samples, namely the experimental class and the control class. Based on the research has done, that the augmented reality integrated circulatory system electronic comic media can increase the learning interest of fifth-grade students. In previous research, there has been no electronic comic integrated augmented reality used for elementary school education. So this research will be a new color for learning media in elementary schools. The implication of this study is for the practice of learning the human circulatory system by utilizing augmented reality integrated electronic comic media to increase the learning interest of fifth-grade elementary school students. Keywords: electronic comics, augmented reality, interest in learning, e-comic, science learning, elementary school.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Erry Utomo, M.Ed. Ph. D. ; 2). Prof.Dr.Ir. Arita Marini, ME.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14264 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2022 00:35
Last Modified: 17 Mar 2022 00:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24078

Actions (login required)

View Item View Item