PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SDN DI KECAMATAN TANAH ABANG JAKARTA PUSAT

JEMSHY TAMPANI, . (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SDN DI KECAMATAN TANAH ABANG JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
5. Lembar Original.PDF

Download (655kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.PDF

Download (102kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (23MB)
[img] Text
12. Skripsi BAB I-BAB V.pdf

Download (632kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
14. Lampiran-Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada Muatan IPA Kelas V SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 12 Pagi Jakarta Pusat, dengan sampel siswa kelas 5 SD semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode penilitan eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan berpikir analisis IPA dengan materi Ekosistem. Hasil uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Setelah itu, data di analisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 2.523. Harga ttabel pada taraf signifikan α = 0.05 dengan dk= 24 adalah 1.711. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (2.523 > 1.711), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Analisis siswa pada muatan IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd 2) Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:43
Last Modified: 19 Dec 2019 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item