PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 16 JAKARTA

RAHMALINI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RAHMALINI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 16 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Untuk menjaring data dari variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk motivasi belajar siswa. Perhitungan validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan realibilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. kemudia uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 1,765 adapun ttabel sebesar 1,684. Oleh karena itu thitung > ttabel (1,765 > 1,684), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta. The aim of this research was to determined in cooperative learning Think Pair Share on learning motivation student class X accounting in Vocational Senior High School 16 Jakarta by using empirical data and facts are valid and reliable. This research conduct at SMK Negeri 16 Jakarta. The research method used is an experimental method, Posttes Only Control Desain. The sample were students class X Accounting in Vocational Senior High School 16 Jakarta. Sample were taken using simple random sampling technique. To get data ffrom variable, researcher used likert scale model for learning motivation. The validity of the instrument using the formula Product Moment and reliability of the isntrumen using Alpha Cronbach. Techniques of data analysis was carried out test is a presequisite to first test for normality by using Liliefors test and homogeneity testing using F-testand then the test hypothesis used the difference using t-test. The result of the testing requirements of the analysis states that the test for normality both classes are normality distributed. Homogeneity of variance test result of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained tcount of 1,765. As for ttabel is 1,684. Therefore tcount more than ttable meaning that tcount > ttable (1,765 > 1,684), Ho refused and Ha accepted which means there is a significant effect in the use of cooperative learning Think Pair Share for learning motivation class X accounting in Vocational Senior High School 16 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra Sri Zulaihati, M.Si. 2) Ati Sumiati, S.Pd, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:54
Last Modified: 10 Mar 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item