PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SATYA BHAKTI II JAKARTA

JOELI UTTARI, . (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SATYA BHAKTI II JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Joeli Uttari_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan konsep diri terhadap hasil belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Satya Bhakti II Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasioanal. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 163 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan akhir semester pada bulan juni 2017 sedangkan data variabel X1 (perhatian orng tua) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (konsep diri) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity ) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0.939 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan didapat nilai X1 sebesar 0,200 X2 sebesar 0,200 dan Y sebesar 0,193 yang semuanya lebih besar dari signifikan 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinieritas nilai tolerance sebesar 0,832 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,202 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinieritas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikan X1 0,311 dan X2 0,384. Karena nilai signifikan lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 36,073+0,234X1+0,145X2. pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel) sebesar 59,017 > 3,08. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu perhatian orang tua sebesar 6,749 > 1,981 dan konsep diri sebesar 5,001 > 1,981. Berdasarkan uji koefisien determinasi, perhatian orang tua dan konsep diri untuk menjelaskan semangat kerja secara simultan yaitu 51,5% sedangkan sisanya yaitu 48,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. This study aims to determine whether there is Influence Parental Attention And SelfConcept On Learning Outcomes Of Correspondence Subject In Office Administration Class Of X at SMK Satya Bhakti II Jakarta.. This study was conducted for three months starting from April to June. The research method used is survey method with correlational approach. Population in this research is student of Department of Administration of Office amounting to 163 students. The sample used in this research is 114 students by using proportional random sampling technique. Y variable data (Learning Results) is secondary data obtained from the data of learning outcomes based on the final repeat semester in June 2017 while the variable data X1 (attention orng old) instrument used is a questionnaire using Likert scale model and variable data X2 (self concept ) Instrument used is a questionnaire using Likert scale model. Prior to use, tested the validity of the construct (construct validity) through the validation process is the calculation of correlation coefficient score grain with total score and reliability test with Alpha Cronbach formula. The result of reliability of X1 variable is 0.939 and it proves that the instrument is realible. Analytical technique that is normality test using Komolgrov Smirnov Z method and got value of X1 equal to 0.200 X2 equal to 0.200 and Y equal to 0.193 which all bigger than significant 0.05 then normal distributed data. Then look for the classical assumption test that is multicollinearity and heteroscedasticity test. From the results of multicolinearity test of tolerance value of 0.832 greater than 0.1 and VIF less than 10 that is 1.202 can be concluded that there is no multicollinearity problem. Next look for heteroscedasticity test with spearman's rho test, which produces significant value of X1 0.311 and X2 0.384. Because the significant value is more than 0.05 then there is no problem of heteroscedasticity. The regression equation obtained is Y = 36.073 + 0.234X1 + 0.145X2. First, based on result of F test then (Fcount> Ftabel) equal to 59.017> 3.08. Second, based on t test result then (tcount> ttable), that is parent attention is 6.749> 1.981and self concept equal to 5.001> 1.981. Based on the determination coefficient test, the attention of parents and self-concept to explain the morale simultaneously is 51.5% while the remaining 48.5% is influenced by other factors not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dedi Purwana, ES., M.Bus 2). Roni Faslah, S.Pd, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:16
Last Modified: 10 Mar 2022 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24101

Actions (login required)

View Item View Item