PENGARUH KONSEP DIRI DAN HARGA DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

JASMINE RISKY RAMADHANI, . (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN HARGA DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_JASMINE_FIX[1].pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan anara konsep diri dan harga diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa prodi kependidikan di Fakultas Ekonomi 2017. Peneitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ angkatan 2016 dengan populasi terjangkau mahasiswa prodi kependidikan sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 167 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas, dan uji linearitas, uji asumsi klasik uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapakan, diketahui terdapa pengaruh yang parsial antara konsep diri dan prokrastinasi akademik. Dapat dilihat dari hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar –5,331 < ttabel sebesar 1,654. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara harga diri dan prokrastinasi akademik. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung -3,218 dengan nilai ttabel 1,654. Konsep diri dan harga diri secara bersamaan berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, hal ini terliha dari hasil data yang menunjukkan nilai Fhitung 19,672 > Ftabel 3,05. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 113,584 – 0,839X1 – 0,623X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0.193 yang artinya Konsep Diri (X1) dan Harga Diri (X2) berpengaruh terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) sebesar 19,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara konsep diri, dan harga diri terhadap prokrastinasi akademik. The purpose of this research was to determine the effect of self concept and self esteem to students academic procrastination of study program educational of Economic Faculty. This research was using survey method with correlational. The population of this research is all students of Faculty of Economic State University of Jakarta 2016. This research using survey method and quantitative approach. The population in this research were all student of faculty of economy. Technique of sampling using random technique proportional, so got the number of research sample counted 167 respondents. Data collection techniques used survey techniques, document recording and questionnaires.Data analysis technique performed is analysis requirements test consisting of normality test and linearity test, classical assumption test, multiple regression test, hypothesis test consisting of F test and T test. Based on the result of the analysis, it is known that there is a partial influence between self concept and academic procrastination. Can be seen from the results of data analysis known that the value of t count of –5,331 < ttable 1,654. Then there is a partial influence between self esteem and academic procrastination. Can be seen from the data analysis results note that the value of tcount of -3,218 > ttable value 1,654. Self concept and self esteem simultaneously affect the academic procrastination, it is seen from the results of data that shows the value of F count of 19,672 > Ftabel value of 3,05. The regression equation obtained Ŷ = 113,584 – 0,839X1 – 0,623X2. Based on the determination coefficient test obtained value R2 0,193 which means self concept (X1) and self esteem (X2) effect of academic procrastination 19,3%. Based on the research, it showed a negative effect between self concept and self esteem to academic procrastination in Student of Educaional Study Program in State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M. 2). Marsofiyati, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:38
Last Modified: 10 Mar 2022 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item