RACHMA ANGGITA, . (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Rachma Anggita pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Tirta Sari Surya Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan postest only control design. Pengamatan terhadap kreativitas belajar siswa dilakukan melalui observasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner atau angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan rumus pool varians. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yang dibuktikan dengan nilai Lhitung < Ltabel yaitu sebesar 0,091<0,14 pada kelas eksperimen dan 0,086 <0,14 pada kelas kontrol, (b) data kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen yang dibuktikan dengan perhitungan Fhitung <Ftabel yaitu sebesar Fhitung (0,930) < Ftabel (1,682), dan (c) terdapat perbedaan kreativitas belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model group investigation dan kelas kontrol yang menggunakan model think pair share yang dibuktikan dengan perhitungan uji-t didapatkan thitung lebih besar dari tabel yaitu sebesar thitung 1,95 > ttabel 1,664. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation mempengaruhi kreativitas belajar siswa akuntansi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Tirta Sari Surya Jakarta tahun ajaran 2016/2017. This study aims to describe the application of cooperatif learning type group investigation model toward creativity on subject introduction accounting on 10th Grade Accounting Class at Tirta Sari Surya Vocational High School on 2016/2017 academic year. This research uses experimental with posttest-only control design method. Data collection techniques by using a questionnaire. While the data analysis techniques using normality test, homogenity test and t-test with the formula pool variance. The result of the analysis of the data shows that: (a) data experiments class and control class as evidenced by the value Lvalue < Ltabel amounting shows that 0,091<0,14 experiments class and 0,086 <0,14 control class, (b) data experiments class and control class is homogenity by the calculation of the Fvalue < Ftabel with the result Fvalue (0,930) < Ftabel (1,682), and (c) there is a difference between student creativity experiment which uses a group investigation model and the control class that uses the model of think pair share it shows by the calculation of t-test obtained tvalue greater than ttabel is tvalue 1,95 > ttabel 1,664. Thus it can be proven that cooperative learning type group investigation model affect student creativity accounting students on subject introduction accounting on 10th Grade Accounting Class at Tirta Sari Surya Vocational High School on 2016/2017 academic year.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2) anti Susanti, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 03:41 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 03:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24109 |
Actions (login required)
View Item |