PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI KECAMATAN TANAH ABANG JAKARTA PUSAT

ISFANI RAHMAWATI, . (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI KECAMATAN TANAH ABANG JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSIKU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan pencatatan dokumen. Popolasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Jakarta dan SMK Negeri 19 Jakarta yang berjumlah 136 siswa, sedangkan sampel penelitian ini sebesar 98 siswa yang dipilih secara acak. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan analisis koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 5,716 > 1,985, koefisien korelasi (r) sebesar 0,508 yang artinya keeratan hubungan antar variabel tersebut adalah sedang, dan koefisien determinasi sebesar 0.2580 yang artinya 25,80% variabel status sosial ekonomi mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 2,484 > 1,985, koefisien korelasi (r) sebesar 0,248 yang berarti bahwa keeratan hubungan antar variabel adalah rendah, dan koefisien determinasi sebesar 0,0615 yang artinya 6,15% variabel motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,794 > 1,985, koefisien korelasi (r) sebesar 0,277 yang berarti bahwa keeratan hubungan antar variabel adalah rendah, dan koefisien determinasi sebesar 0,0767 yang artinya 7,67% variabel prestasi belajar mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (4) Terdapat pengaruh yang positif antara status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 21,115 > 2,70, koefisien korelasi (R) sebesar 0,634 yang berarti keeratan hubungan antar variabel kuat dan koefisien determinasi sebesar 0,4019 yang artinya 40,19% ketiga varibel mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara serentak. This research as a purpose to know the Influence Of Parents’ Status Economic Social, Study Motivation And Achievement Study On Interest To Continue Study To Collage Students Class XII SMK Accounting In Subdistrict Tanah Abang Central Jakarta. The research uses a method of survey with a quantitative approach. The collecting data uses the interview, the questionnaire and the registration of documents. Population affordable of this study is all students of class XII program accounting in SMK Muhammadiyah 5 Jakarta and SMKN 19 Jakarta; 136 students. While the total sample are 98 students selected randomly. The processing of the data includes a prerequisite analysis test and linieritas normality. Data analysis technique uses regression analysis double and an analysis of the correlation coefficient double. Result of this sudy are (1) Parent’s social economic status positively and significantly effect on the interest to continue study to collage indicated by the value of t is greater the table; 5.716 > 1.985, the correlation coefficient (r) of 0.508, which means the relationship between variables is middle, the coefficient of determination by 0.2580 which means that 25.80% of this variable affect the interest to continue study collage, (2) Study motivation positively and significantly effect on the interest to continue study to collage indicated by the value of t is greater the table; 2.484 > 1.985, the correlation coefficient (r) of 0.248, which means the relationship between variables is low, the coefficient of determination by 0.0615 which means that 6.15% of this variable affect the interest to continue study collage, (3) Achievement study positively and significantly effect on the interest to continue study to collage indicated by the value of t is greater the table; 2.794 > 1.985, the correlation coefficient (r) of 0.277, which means the relationship between variables is low, the coefficient of determination by 0.0767 which means that 7.67% of this variable affect the interest to continue study collage, (4) Parents’ status economic social, study motivation and achievement study together positively and significantly impact on the interest to continue study to collage by F count greater than F table 21.115 > 2.70, the correlation coefficient (R) of 0.634 which means the relationship between variables are strong, the coefficient of determination by 0.4019 which means that 40.19% of these three variabels jointly affect the interest to continue study to collage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi, M.Si 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:30
Last Modified: 10 Mar 2022 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item