HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 64 JAKARTA

PUTRI ANDRI OKTARIANI, . (2017) HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 64 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415133074-Putri Andri Oktariani.pdf

Download (7MB)

Abstract

Iklim kelas merupakan suasana psikososial yang terbentuk selama proses pembelajaran. Suasana psikososial tersebut melibatkan hubungan interaksi sosial antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa yang mewarnai konteks pengajaran di kelas. Siswa yang berada pada masa remaja sangat rentan terhadap pengaruh sosial disekitarnya, salah satunya berasal dari teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim kelas dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 64 Jakarta pada bulan Maret hingga April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa yang diambil secara Simple Random Sampling. Setelah diuji prasyarat, data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan hasil 0,628 yang menunjukkan terdapat hubungan positif iklim kelas dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Uji model regresi yang dilakukan menghasilkan persamaan Ŷ = 11,218 + 0,177X. Koefisien determinasi menghasilkan 0,395 yang berarti iklim kelas mempunyai kontribusi sebesar 39,5% dalam menentukan hasil belajar kognitif siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti. Classroom climate is an atmosphere of psychosocial formed during a learning process. An atmosphere of the psychosocial involves social interaction between teachers and students and between students with students who colors the context of teaching in the classroom. Students, who is at adolescence, are very vulnerable to the influence of social nearby them such us their peers. This study aims to determine the relationship between the classroom climate with student’s cognitive learning outcomes on the reproductive system material. The study was conducted in 64 Senior High School Jakarta on March until April 2017. Research method used in this study was correlational study. Population from this study were XI MIPA students. A total of 85 students were used for this study taken by Simple Random Sampling. Prerequisites tests showed that data was normally distributed and homogeneous. Correlation test result was 0,628 which means there was a positive relationship between classroom climate with student’s cognitive learning outcomes on the reproductive system material. Regression test result was Ŷ = 11,218 + 0,177X. Determination coefficients result of 0,395, means that classroom climate has a contribution of 39,5 % in determining student’s cognitive learning outcomes on the reproductive system material, while other contribution determined by other factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Refirman Dj, M.Biomed 2) Sri Rahayu, S. Kep., M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:41
Last Modified: 10 Mar 2022 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item View Item