PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 40 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

INDAH NUR RIZKI, . (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 40 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INDAH NUR RIZKI 8105132117.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Negeri 40 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental dengan posttest-only control group design. Pengamatan terhadap hasil belajar siswa dilakukan melalui observasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan rumus pool varians. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yang dibuktikan dengan nilai Lhitung < Ltabel yaitu sebesar 0,141 < 0,154 pada kelas eksperimen dan 0,131 < 0,149 pada kelas kontrol, (b) data kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen yang dibuktikan dengan perhitungan Fhitung lebih kecil dari Ftabel yaitu sebesar Fhitung (1,68) < Ftabel (1,76), dan (c) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model blended learning dan kelas kontrol yang menggunakan model talking stick yang dibuktikan dengan perhitungan uji-t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar t thitung 3,3699 > ttabel 1,6683. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa model blended learning mempengaruhi hasil belajar siswa akuntansi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Negeri 40 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. This study aims to describe the application of blended learning model toward learning outcomes on subjects introduction accounting on 10th grade accounting class at 40 Jakarta Vocational High School on 2016.2017 academic year. This research uses true experimental with posttest-only control group design method. Data collection techniques by using a research instrument in the form of test results of the study. While the data analysis techniques using normality test, test and test its homogenity and t-test with the formula pool variance. The results of the analysis of the data shows that: (a) data class experiments and class control as evidenced by the value Lvalue < Ltabel amounting shows that 0.154 0.141 < experiments and class 0.149 0.131 < control, (b) data class experiments and classroom control is homogenity by the calculation of the Fvalue< Ftabel with the result (1.68) < Ftabel (1.76), and (c) there is a difference between student learning outcome experiment which uses a blended learning model and the control class that uses the model of the talking stick it shows by the calculation of t-test obtained tvalue greater than ttabel is tvalue 3,3699 > ttabel 1.6683. Thus it can be proven that blended learning model affect student learning outcomes accounting students on subjects introduction accounting on 10th grade accounting class at 40 Jakarta Vocational High School on 2016.2017 academic year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Sri Zulaihati, M.Si. 2). Ati Sumiati, S.Pd.,M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:37
Last Modified: 10 Mar 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24161

Actions (login required)

View Item View Item