PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 DEPOK.

PANGESTU HENING JALASWARI, . (2017) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , pengaruh interaksi sosial, dan efektifitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Depok, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode metode ex post de facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer (variable eksogen dan variable endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips yang memenuhi kriteria berjumlah 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara interaksi sosial dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,788 > 1,664 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga interaksi sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial efektifitas media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,557 > 1,664 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga efektifitas media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara simultan, terdapat pengaruh antara interaksi sosial dan efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (12,545 > 3,13) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga interaksi sosial dan efektifitas media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hubungan yang dimiliki tergolong sedang dengan koefisien sebesar 0, 246 dan pengaruh interaksi sosial dan efektifitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 6 Depok sebesar 24,6%. This study aims to determine the influence of social interaction, and the effectiveness of learning media on student achievement on economic subjects in SMA Negeri 6 Depok, either partially or simultaneously. This study uses a method of ex post de facto with the causal approach that uses primary data (variable exogenous and endogenous variables). Affordable population in this study is xi ips grade students who meet the criteria numbered 80 students. Data analysis technique used is the test requirements analysis, classic assumption test, regression and hypothesis testing consisting of t test and F. Based on the results of data analysis known that there is a partial effect of social interaction with student achievement. The results of data analysis showed that tcount> ttabel or 4.788> 1.664 with 0.000 significance of the numbers so that social interaction has a positive and significant impact on student achievement. This study also shows that there is a partial influence the effectiveness of media with student achievement. The results of data analysis showed that tcount> ttabel or 4.557> 1.664 with 0.000 significance of the numbers so that the effectiveness of learning media has a positive and significant impact on student achievement. Simultaneously, there is influence between social interaction and effectiveness of learning media on student achievement. The result showed that the value of F count> F table (12.545> 3.13) with significant value 0,000 so that social interaction and effectiveness of learning media has a significant impact on student achievement. Relationships owned classified as moderate with a coefficient of 0, 246 and the influence of social interaction and effectiveness of learning media on student achievement on economic subjects in the country sma 6 Depok by 24.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si 2) Dicky Iranto, S.E, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:59
Last Modified: 10 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24170

Actions (login required)

View Item View Item