GITA WISMINARTI, . (2022) ANALISIS SWOT KAWASAN PARIWISATA TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (500kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol melalui analysis SWOT. Indikator penilaian kekuatan dan kelemahan menggunakan aspek – aspek pada kriteria standar usaha berdasarkan PP nomor 17 Tahun 2014 tentang standar usaha kawasan wisata. Penggunaan aspek kriteria standar usaha karena unsur-unsur di dalamnya memuat aspek produk, pengelolaan dan pelayanan yang mencakup faktor internal PT Pembangunan Jaya Ancol. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sebesar 4.512.892 pada tahun 2020. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sebanyak 100 responden dan 1 orang pengelola pengambilan menggunakan sampling. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk data angket wisatawan dan scoring hasil wawancara serta kualitatif untuk hasil wawancara. Aspek produk memiliki skor 15 di semua parameter yang berarti sangat mendukung. Aspek pelayanan memiliki skor 10 di parameter manajemen yang berarti mendukung, sementara di 4 paramaeter lainnya menunjukkan skor 15 yang berarti sangat mendukung. Kemudian semua parameter di aspek pengelolaan memiliki skor 15 yang berarti sangat mendukung. Penilaian pengunjung pada aspek produk menunjukkan hasil berada pada kategori cukup baik hingga baik. Hasil pada kriteria standar usaha menunjukkan semua aspek dalam kategori baik dan mendukung hal ini menjadi kekuatan kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Sedangkan beberapa sub unsur yang memiliki kekurangan dapat menjadi kelemahan. Hasil analisis SWOT menunjukkan titik koordinat matriks faktor internal dan eksternal masing-masing terletak pada (0,75 ; 1,10) yaitu kuadran I, dimana posisi peluang dan kekuatan sama - sama positif lebih besar dari kelemahan dan ancaman. Strategi yang cocok dikembangkan oleh manajemen Ancol adalah strategi progresif. Kekuatan Ancol yang paling utama adalah luas lahan yang luas, atraksi beragam dalam satu kawasan, wisata bahari pantai dan cruise ke kepulauan seribu. Kelemahan Ancol adalah beban pemeliharaan yang besar sehingga beberapa titik fasilitas toilet umum perlu diperbaiki serta perlu bekerjasama dengan Rumah Sakit besar. Peluang Ancol sangat besar mengingat bonus demografi di Indonesia dan trend wisata virtual hingga kolaborasi dengan berbagai brand. Ancaman Ancol adalah banyaknya bermunculan wisata petualangan dan wisata bentang alam yang lebih indah dan menantang, serta kebijakan pemerintah terkait pandemic. ***************************** The purpose of this study was to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats of the Ancol Dreamland Tourism area through a SWOT analysis. Indicators for assessing strengths and weaknesses use aspects of business standard criteria based on Government Regulation No. 17 of 2014 concerning tourism area business standards. The use of aspects of business standard criteria because the elements in it contain aspects of product, management and service which include internal factors of PT Pembangunan Jaya Ancol. The population in this study were visitors to Taman Impian Jaya Ancol amounting to 4,512,892 in 2020. Sampling used Accidental Sampling with 100 respondents and 1 manager using sampling. Technical data analysis uses descriptive quantitative analysis for tourist questionnaire data and scoring interviews and qualitative for interview results. The product aspect has a score of 15 in all parameters which means it is very supportive. The service aspect has a score of 10 in the management parameter which means it is supportive, while in the other 4 parameters it shows a score of 15 which means it is very supportive. Then all parameters in the management aspect have a score of 15 which means they are very supportive. The visitor's assessment on the product aspect shows that the results are in the fairly good to good category. The results on the standard business criteria show that all aspects are in the good category and support this to be the strength of the Ancol Dreamland Park area. Meanwhile, some subelements that have deficiencies can become weaknesses. The results of the SWOT analysis show that the coordinates of the internal and external factor matrices are located in (0.75 ; 1.10) respectively, namely quadrant I, where the position of opportunities and strengths are both positive and greater than weaknesses and threats. The suitable strategy developed by Ancol management is a progressive strategy. Ancol's main strengths are its vast land area, various attractions in one area, coastal marine tourism and cruises to the thousand islands. Ancol's weakness is the large maintenance burden so that several points of public toilet facilities need to be repaired and need to work together with large hospitals. Ancol's opportunity is huge considering the demographic bonus in Indonesia and the trend of virtual tourism to collaboration with various brands. Ancol's threat is the emergence of adventure tourism and more beautiful and challenging
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Zid,M.Si. ; 2). Dr. Oot Hotimah., S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 13230 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 03:34 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24189 |
Actions (login required)
View Item |