PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI JARINGAN SOSIAL (WHATSAPP) TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELITUS DIKALANGAN PRA LANSIA

ABDUL LATIF, . (2017) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MELALUI JARINGAN SOSIAL (WHATSAPP) TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELITUS DIKALANGAN PRA LANSIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Abdul Latif.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan gizi melalui jaringan sosial (WhatsApp) terhadap pengetahuan tentang diabetes melitus dikalangan pra lansia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pada penelitian ini dilakukan di kawasan Posbindu Rt 08 dan 09/05 Kel. Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kab. Jakarta Selatan. Dari populasi tersebut, yang diambil untuk dijadikan sampel dari Posbindu sebanyak 60 orang, terbagi dalam 30 responden kelompok Kontrol dan 30 responden kelompok WhatsApp yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun pelaksanaan penelitian dimulai dari Juni 2016 - Desember 2016. Data diperoleh dari hasil pengukuran pengetahuan diabetes di wilayah Posbindu tersebut. Sedangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan penelitian ini meliputi usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Mann-Whitney. Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Mann-Whitney digunakan untuk mengidentifikasi uji persyaratan instrumen. Hasil perhitungan menggunakan Uji Normalitas data kelompok Kontrol dan WhatsApp 0.118118 dengan taraf signifikan 0.114382, maka data tersebut tidak berdistribusi normal. Serta Uji Homogenitas setelah dilakukan pengujian, ternyata hasilnya homogen dikarenakan Fhitung 1,09 < Ftabel 1.84. Maka dilanjutkan menggunakan Uji Mann-Whitney. Hasil Uji Mann-Whitney menyimpulkan bahwa Zhitung > Ztabel, dikarenakan Zhitung yaitu 0.3252574 dan Ztabel yaitu 0.1255. Sehingga keputusan Ho ditolak, Hi diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pedidikan gizi melalui jaringan sosial (whatsapp) terhadap pengetahuan tentang diabetes mellitus dikalangan pra lansia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ari Istiany, M.Si ; 2). Annis Kandriasari, M.Pd
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 14 Oct 2019 15:50
Last Modified: 14 Oct 2019 15:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item