AULIA NISA, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI Aulia Nisa_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar biologi adalah penggunaan media yang tepat. Penggunaan media yang tepat dapat mengatasi permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data guna mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap hasil belajar biologi siswa, pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 99 Jakarta pada bulan April-Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen, sampel diambil secara cluster random sampling pada kelas XI di SMA Negeri 99 dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen menggunakan media ular tangga dan kelompok kontrol menggunakan media power point. Sampel penelitian pada masing-masing kelompok berjumlah 30 siswa dipilih secara simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar dan hasilnya diuji statistik dengan menggunakan tes “t”. Dari hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,002 < 0,05 yang berarti tolak H0. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 99 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Refirman Dj., M. Biomed ; 2). Dian Evriyani. S. Kep, M. B.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Anatomi Manusia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | .rina kusniwati . |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 16:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 16:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2430 |
Actions (login required)
View Item |