PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI SMKN 40 JAKARTA

OKTAVIANI DWILESTARI, . (2017) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI OKTAVIANI DWILESTARI 8105133220.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi perusahaan dagang kelas XI Akuntasi di SMK Negeri 40 Jakarta Timur berdasarkan data yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi yang terdiri dari dua kelas berjumlah 71 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data pada variabelX1 (persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK), X2 (minat belajar) diukur menggunakan kuisioner dengan skala likert dan variabel Y (hasil belajar) diukur menggunakan hasil UAS mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang. Hasil analisis data menunjukan data yang digunakan berdistribusi normal (0,417>0,05) dan linear (X1= 0,00 dan X2= 0,00<0,05). Persamaan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y’= 32,276+0,149X1+0,449X2. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan minat belajar dengan hasil belajar siswa dilihat dari perhitungan uji F dengan Fhitung (32,276)> Ftabel (3,165) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Secara parsial, tidak terdapat hubungan antara persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK (X1) dengan hasil belajar (Y) berdasarkan dari perhitungan uji t dengan thitung (1,861)< ttabel (2,004) dan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel minat belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) berdasarkan uji t dengan thitung (5,511)> ttabel (2,004) dan koefisien korelasi sederhana sebesar 0,715. Hasil uji koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,735 yang menandakan antara persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan minat belajar dengan hasil belajar terdapat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi 54%, sehingga variabel Y hasil belajar ditentukan oleh variabel X1 persepsi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan X2 minat belajar sebesar 54%. This study aims to determine the influence between perceptions of using ICT- based learning media and interest learning with learning outcomes class XI accounting in Vocational Senior High School 40 Jakarta Timur by using empirical data which is valid and reliable. The research conduct at SMK Negeri 40 Jakarta. The research method is survey method. The affordable population in this study are students of class XI accounting consist of two classes amount to 71 students and sample used as many as 58 students by using simple random sampling techniques. An instrument used to obtain data for variable X1 (perceptions using ICT-based learning media), X2 (interest learning) measured using a questionnaire with likert scale and variable Y (learning outcomes) measured using the final result exam of company trade accounting lesson. The result of data analysis showed that the data used in regression model is normally distributed (0,417> 0,05) and linear (X1 = 0,00 and X2 = 0,00 <0,05). The equation of multiple linear regression analysis in this study is Y '= 32,276+0,149X1+0.449X2. The result of this study showed that there is a significant relationship between perceptions using ICT-based learning media and interest learning with learning outcomes shown by F-test calculation with Fcount(32,276)>Ftable (3,165) and significance value (0,000 <0,05). Partially, there is no relationship between perceptions using ICT-based learning media (X1) and learning outcomes (Y) based on t-test calculation with tcount (1,861) <ttabel (2,004) Then, there is a positive and significant relationship between interest learning (X2) and learning outcomes (Y) based on t- test with tcount (5,511) <ttabel (2,004) and simple correlation coefficient of 0,715. Result of double correlation coefficient test (R) equal to 0,735 that means between perceptions using ICT- based learning media and interest learning with learning outcomes there is a strong relation with coefficient determination 54%, so it can be said variable Y learning outcomes determined by variable X1 perceptions using ICT-based learning and X2 interest learning of 54%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, Msi. 2) Achmad Fauzi, S.Pd.,M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:43
Last Modified: 14 Mar 2022 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24383

Actions (login required)

View Item View Item