PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SEJAHTERA JAKARTA

HERLINA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SEJAHTERA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HERLINA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa administrasi perkantoran di SMK Sejahtera Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan metode dokumentasi dengan pendekatan korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data Hasil rata-rata ulangan harian kedua dan ketiga. Sedangkan data variabel X1 (Motivasi Belajar) dan data variabel X2 (Efikasi Diri) instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,880 > nilai ttabel sebesar 1,659. Efikasi diri berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,622 > nilai ttabel sebesar 1,659. Motivasi belajar dan efikasi diri secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 37,434 > nilai Ftabel sebesar 3,09. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 40,044+0,167X1+0,291X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,423 yang berarti motivasi belajar (X1) dan efikasi diri (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 42,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa di SMK Sejahtera Jakarta. Oleh karena itu, diharapkan sekolah mampu meningkatkan motivasi belajar terutama motivasi eksternal khususnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa dan juga meningkatkan efikasi diri siswa terutama dalam mengerjakan tugas/soal sulit yang diberikan agar siswa bisa mendapatkan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. This study aims to determine whether there is influence of learning motivation and self efficacy to learning result subject on office administration student at SMK Sejahtera Jakarta. This research was conducted for three months from March to May 2017. The research method used is survey method and documentation method with correlational approach. The sample used in this research is 105 students by using proportional random sampling technique. Y variable data (Learning result) is secondary data obtained from data of second and third daily test result. While the data variable X1 (Learning Motivation) and variable data X2 (Self Efficacy) instrument used is a questionnaire model using the Likert scale model. Prior to use, validity and reliability tests were performed on the research instrument. Data analysis technique using SPSS program version 21.0 begins by searching for trial. Test, multiple linear regression test, hypothesis test. Based on the results of data analysis can be known partially between the motivation of learning with learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis showing thitung value of 3.880> ttable of 1.659. Partial self-efficacy partially to the learning outcomes, this is seen from the results of data analysis showing the value of t countitung 6.622> ttable value. Motivation learning and self efficacy simultaneously for learning outcomes, this is seen from the results of data analysis showing the value of Fhitung 37.434> Ftabel value. Regression equation obtained is Ŷ = 40,044 + 0,167X1 + 0,291X2. Based on the review of R2 value of 0.423, which means learning motivation (X1) and self efficacy (X2) results on learning outcomes (Y) of 42.3%. This study is a positive and significant between learning motivation and self efficacy on the results of learning archival subjects in students at SMK Sejahtera Jakarta. Therefore, it is expected that the school can improve the motivation to learn to overcome external motivation, especially to create a conducive learning environment for students and also to increase selfefficacy of students, especially in working on difficult tasks / questions given so that students can get the results of learning as expected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, MM 2). Osly Usman, M. Bus
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:39
Last Modified: 14 Mar 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item