PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 BOGOR

NURMIYA YUSNI SILMI MUHARROMI, . (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nurmiya Yusni Muharromi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Bogor, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 6 Bogor yang mempelajari mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 104 siswa dengan sampel 84 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan proportional random sampling atau sampel acak profesional. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Secara simultan terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Pengaruh yang dimiliki oleh lingkungan keluarga dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Bogor sebesar 28,7%. This study aims to determine the effect of family environment and teacher's teaching skills on student learning outcomes on the subjects of economy class X SMA Negeri 6 Bogor, either partially or simultaneously. This research uses survey method with quantitative approach. Data collection using document recording techniques, observations, and questionnaires. The population in this study is the students of class X SMA Negeri 6 Bogor who studied economic subjects which amounted to 104 students with a sample of 84 students. The technique used in sampling is using proportional random sampling or professional random sample. Data analysis technique used is multiple linear regression and hypothesis test consisting of t test and F test. Based on result of data analysis known that there is partial influence between family environment to result of learning and teacher teaching skill to result of learning. Simultaneously there is influence between family environment and teacher's teaching skill to result of learning. Influence owned by family environment and teacher's teaching skill to result of study of class X student of SMA Negeri 6 Bogor 28,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. I Ketut R. Sudiarditha, M.Si 2) Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:56
Last Modified: 14 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24412

Actions (login required)

View Item View Item