PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA, DAN LIKUIDITAS TERHADAP TINDAKAN PAJAK AGRESIF PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2014-2015

HENI AFIANI, . (2017) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA, DAN LIKUIDITAS TERHADAP TINDAKAN PAJAK AGRESIF PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2014-2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Heni Afiani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap tindakan pajak agresif perusahaan, manajemen laba terhadap tindakan pajak agresif perusahaan, dan likuiditas terhadap tindakan pajak agresif perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian perusahaan yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 61 perusahaan. Tindakan Pajak Agresif sebagai Variabel Dependen dalam penelitian ini diproksikan dengan Effective Tax Rates (ETR). Seangkan Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Corporate Governance yang diproksikan dengan Corporate Governance Index (CG Index), Manajemen Laba yang diproksikan dengan Model Jones yang Dimodifikasi, Likuiditas yang diproksikan dengan Rasio Kas. Pengaruh dan hubungan ketiga variabel diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda denan menggunakan IBM SPSS Statistics 24. Hasil Uji T menunjukkan bahwa corporate governance tidak berpengaruh terhadap tindakan pajak agresif perusahaan. Namun, Manajemen laba dan likuiditas berpengaruh terhadap tindakan pajak agresif perusahaan. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini terbukti. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu corporate governance, manajemen laba, dan likuiditas mampu menjelaskan variabel dependen yaitu tindakan pajak agresif perusahaan sebesar 25,4% The purpose of this research was to figure out the influence of corporate governance, profit management and liquidity on companies agressive tax action. The research used secondary data which were financial dan annualy report of listed manufacture companies in ISE. The applied sampling technique was purposive sampling. The amount of qualified companies research sampling was 61 companies. In this research, agressive tax action as a dependent variable was proxied with Effective Tax Rates (ETR). Meanwhile, Independent Variable of this research, Corporate Governance, proxied with Corporate Governance Index (CG Index). Then, Profit Management proxied with modified-Model Jones. In addition, liquidity proxied with cash ratio. The influence and correlation of these three variables tested by using double linier regresion analisys of IBM SPSS Statistic 24. Experiment T result showed that corporate governance did not affect companies aggressive tax action. In the contrary, profit management and liquidity affected to companies aggressive tax action. Thus, hipothesis of this research was proved. Moreover, the applied independent variable within this research were corporate governance, profit management, liquidity explained the dependent variable which was companies aggressive tax action at about 25,4% .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nuramalia Hasanah, S.E.,M.Ak. 2). Diah Armeliza, S.E.,M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:23
Last Modified: 14 Mar 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item