PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 17 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

NUR MUCHORONAH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 17 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NUR MUCHORONAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X SMK. Penelitian ini dilakukan selama bulan Februari 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi terjangkau adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 66 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data kemampauan berpikir kritis siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk skala likert. Dimana variael X dari 30 pernyataan, yang valid sebanyak 27 item, sisanya 3 item drop. Kemudian dihitung reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,884. Hal ini membuktikan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Hasil normalitas data untuk variabel X1 dan X2 menghasilkan Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data adalah Fhitung < Ftabel. Hal ini berarti kedua data memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata, didapat thitung 1,878 dan ttabel 1,684, maka thitung > ttabel. Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. The purpose of this study was to know whether the influence of contextual Teaching and learning to students’ critical thinking ability on the basic of banking class in state of vocational school. This research was conducted of February 2017. The method of the research is quasi experiment. The sample population of research is 66 students. The experimental class consists of 33 students which are from X Accounting 2 and 33 controlled students are from X Accounting 1. Data obtained using on instrument is a form of questionnaire with likert scale for the variable X (students’ critical thinking ability). There are 30 statements, a valid statement as many as 27 items are valid and 3 items are drop. Then reliability process using cronbach alpha formula. The results of the X variable reliability is 0,884. This proves that the instrument is valid and reliable. The result of the normality of the data for the variable X1 and X2 generating Lvalue < Ltable. It means that data were distributed normally. The results of homogeneity test data is Fvalue < Ftable. It means that both the data have a homogeneous variance. Then test the difference between two average count obtained tvalue 1,878 dan ttable 1,684, then tvalue > ttable. The results of these calculations can provide the conclusions of this study that there is influence of contextual teaching and learning to students’ critical thinking ability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2) Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:27
Last Modified: 14 Mar 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24421

Actions (login required)

View Item View Item