PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA

NOVI PURWANINGSIH, . (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-NOVI PURWANINGSIH-8105132168.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 50 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. Untuk menjaring data dari variabel digunakan soal tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar peserta didik. Perhitungan validitas soal menggunakan rumus Product Moment dan reabilitas soal menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (K-R.20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 2,553 dengan ttabel sebesar 1,667. Dengan demikian, thitung > ttabel (2,553 >1,667), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. The aim of this research was to determined in cooperative learning model type Student Team Achievement Division (STAD) to learning outcomes on subject the basics of banking class X Accounting Vocational Senior High School 50 Jakarta by using empirical data and facts are valid and reliable. This research conduct at SMK Negeri 50 Jakarta. The research method used is an experimental method, Quasy Experimental Desain. The sample were students class X Accounting in Vocational Senior High School 50 Jakarta. To get data from variable, researcher used multiple choice tests for learning outcomes. The validity of the instrument using the formula Product Moment and reliability of the isntrumen using Kuder Richardson 20 (K-R.20). Techniques of data analysis was carried out test is a presequisite to first test for normality by using Liliefors test and homogeneity testing using F-testand then the test hypothesis used the difference using t-test. The result of the testing requirements of the analysis states that the test for normality both classes are normality distributed. Homogeneity of variance test result of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained tcount of 2,553. As for ttabel is 1,667. Therefore tcount more than ttable meaning that tcount> ttable (2,553>1,667), Ho refused and Ha accepted which means there is a significant effect in the use of cooperative learning model type Student Team Achievement Division (STAD) to learning outcomes on subject the basics of banking class X Accounting Vocational Senior High School 50 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, SE, M.Si 2) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:41
Last Modified: 14 Mar 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24425

Actions (login required)

View Item View Item