HANIFAH, . (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMAN 5 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI Hanifah.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 2, yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat pada saat kegiatan pembelajaran presentasi dan diskusi berlangsung banyak siswa yang kurang aktif berpikir atau malas berpikir ketika harus memberikan atau menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian ini yakni siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, penilaian observasi kemampuan berpikir kritis, soal pre test dan post test. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 76% dan apabila nilai ratarata post test memperoleh nilai diatas 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 58,51% keberhasilan yang kurang, lalu pada siklus II meningkat menjadi 71,38% yang termasuk kepada tingkat keberhasilan yang cukup dan pada siklus III meningkat kembali sebesar 80,74% yang termasuk ke dalam kategori tingkat keberhasilan yang baik. Penilaian rata-rata hasil belajar siklus I pada pre test sebesar 46,8 lalu meningkat pada post test sebesar 61,76. Kemudian pada siklus II pre test sebesar 65,1dan meningkat pada post test sebesar 71,4. Pada siklus III pre test 73,3 dan pada post test sebesar 82,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. This research is motivated from observation activities conducted in class XI IPS 2, namely the low ability of critical thinking of students. Many students are less active or lazy to think when to answer questions and solve problems. This study is a classroom action research. The subjects of this study are students of class XI IPS 2 which amounted to 47 students. This study was conducted with three cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Collecting Data use observation sheet, assessment of critical thinking ability, pre test and post test. The criteria of success in this study is if the average percentage of students' critical thinking ability reaches 76% and if the average post test score above 75. The results showed that there was an increase in the ability of critical thinking and student learning outcomes. The average students' critical thinking ability in the first cycle of 58.51% is less success, Then in cycle II increased to 71.38% Which includes to a sufficient level of success, and In the third cycle increased again by 80.74% which belongs to the category of good success rate. The average assessment of learning outcomes in the first cycle on pre test at 46.8 and then increased in the post test at 61.76. Then on the second cycle pre-test at 65.1 and increased in the post test at 71.4. In the third cycle of pre test at 73.3 and the post test at 82.06. It can be concluded that the application of problem-based learning can improve students' critical thinking skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd 2). Dicky Iranto, SE, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 05:56 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 05:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24444 |
Actions (login required)
View Item |