PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMKN 17 JAKARTA

NILA KARINA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMKN 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NILA KARINA 8105133137.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 17 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk menjaring data dari variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk kemampuan komunikasi matematis siswa. Perhitungan validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunkana uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 3,45. Adapun ttabel sebesar 1,68. Oleh karena itu thitung > ttabel (3,45 > 1,68), artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta. The aim of this research was to determined in the influence cooperative learning two stay two stray on communication skills mathematical students class X accounting clump in Vocational Senior High School 17 Jakarta by using empirical data and facts are valid and reliable. This research conduct at SMK Negeri 17 Jakarta. The research method used is an experimental method, Posttest Only Control Desain. The sample were students class X Accounting in Vocational Senior High School 17 Jakarta. Sample were taken using cluster random sampling technique. To get data from variable, researcher used likert scale model for students communication skills mathematical. The validity of the instrument using the formula Product Moment and reliability of the instrumen using Alpha Cronbach. Tehniques of data analysis was carried out test is a prerequisite to first test for normality by using Liliefors test and homogeneity testing using Fisher’s test and then the test hypothesis used the differences using t-test. The result of the testing requirements of the analysis states that the test for normality both classes are normality distributed. Homogenity of variance test results of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained tcount of 3,45. As for ttabel is 1,68. Therefore tcount more than ttable meaning that tcount > ttabel (3,45>1,68), H0 refused and Ha accepted which means there is a significant effect in the use of cooperative learning two stay two stray for students communication skills mathematical class X accounting in Vocational Senior High School 17 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak, 2) Susi Indriani, M.S.Ak,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:58
Last Modified: 14 Mar 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24445

Actions (login required)

View Item View Item