FITRI PUSVITA SARI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi fitri pusvita sari .pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan motivasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa dengan kompetensi dasar laporan keuangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Tangerang. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas X XMK Negeri 1 Kota Tangerang dan dengan menggunakan tehnik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh sampel kelas X AK 2 dan X AK 3. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik anava dua jalur (two way anova). Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan motivasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X SMK Negeri 1 Kota Tangerang diperoleh hipotesis yaitu: Dari hasil penelitian, diketahui bahwa taraf signifikan 5% (1) Adanya perbedaan antar kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kontrol yang mengartikan adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,002 ≤ 0,005 dengan nilai F hitung sebesar 10,529 yang lebih besar dari F tabel sebesar 4,00; (2) Hampir tidak ada perbedaan kelompok motivasi tinggi dan rendah pada prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,676 ≥ 0,005; (3) terdapat interaksi antar kelompok pada model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,046 yang lebih besar dari niali signifikan yang ditentukan dan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 4,154 ≥ 4,00. Kelompok yang mendapatkan nilai rata-rata tertinggi adalah kelas eksperimen dengan motivasi tinggi dan rata-rata terendah adalah model pembelajaran langsung dengan motivasi tinggi. This study aims to determine the effect of the implementation of learning models Team Games Tournament (TGT) and the motivation of learning achievement on the subject of accounting services company with. This research was conducted at 1 Vocational High School 1 Kota Tangerang. The research method is experiment with student population of class X XKK Negeri 1 Tangerang City and by using Cluster Random Sampling technique which then obtained sample of class X AK 2 and X AK 3. Data analysis technique used is analysis of two-lane anava statistic data (two Cara anova). The result of research use the learning model of Team Games Tournament (TGT) and motivation to the achievement of study in accounting class service company class X 1 Vocational High School Tangerang City is: From the research result, known significant level 5% (1) There is difference between experiment Class group with The control group that interpret the influence of learning model Team Tournament (TGT) to the learning achievement with significant value of 0.002 ≤ 0.005 with the value of F arithmetic of 10,529 greater than F table of 4.00; (2) there is no difference of high and low motivation group on learning achievement significantly 0,676 ≥ 0,005; (3) there is interaction between group on learning model and motivation to student achievement with significant value 0,046 which is bigger than significant value is determined and F value count bigger than F table that is 4,154 ≥ 4,00. The group that scored average was a high-motivated experimental class and the average was a highly motivated learning model.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 07:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 07:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24476 |
Actions (login required)
View Item |