PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR (PENELITIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V PADA TAHUN AKADEMIK 2021-2022)

NADIAH SEPTIANA, . (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MAJALAH ELEKTRONIK BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR (PENELITIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V PADA TAHUN AKADEMIK 2021-2022). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar berbentuk majalah elektronik berbasis kontekstual dalam muatan pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan proses pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun karena adanya pandemi Covid-19 penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini terdiri dari satu dosen ahli media, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 3 peserta didik pada tahap one to one, dan 12 peserta didik pada tahap small group. Hasil kelayakan dari 1) Validasi ahli media memperoleh skor 96,42%, 2) Validasi ahli materi memperoleh skor 93,18%, 3) Validasi ahli bahasa memperoleh skor 89,28 %. Berdasarkan hasil validasi para ahli secara keseluruhan diperoleh skor 93,42% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kepada peserta didik kelas V Sekolah Dasar diperoleh nilai rata-rata 93,33% pada tahap one to one dan 96,67% pada tahap small group. Berdasarkan hasil Expert Review dan uji coba yang dilakukan dinyatakan bahwa Majalah elektronik berbasis kontekstual merupakan produk yang valid dan layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran IPS. ---------------------------- This study aims to develop of teaching materials in the form of contextual based e-magazine on the content in social studies lesson class V elementary school. The method used is the Research and Development (RnD) with the development process using the model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation, and Evaluation). However, due to the Covid-19 pandemic this research is only up to the development phase. Data collection techniques used are observation, interview and questionnaire. Respondents in this research are one media expert lecturer, one material expert lecturer, one linguist lecturer, three 5th graders of elementary school for one to one phase, and twelve students for small group phases. The results of the feasibility of 1) Media expert validation obtained a score of 96,42%, 2) Material expert validation obtained a score of 93,18%, 3) Linguist validation obtained a score of 85%. Based on the results of the validation of the experts, overall a score of 92,4% was obtained in the very good category. The test to 5th graders of elementary school is resulting in average score of 93,33% for one-to-one phaseand 96,67% for small group. Based on the results of the Expert Review and the trials carried out, it can be stated that the contextual-based e-magazine is a valid product and deserves to be used as an alternative teaching materials for social studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si 2). Yustia Suntari, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14403 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:52
Last Modified: 18 Jan 2024 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item