PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA

MUTIA MUTMAINA, . (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mutia Mutmaina 8105133189.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI 1 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 1 Jakarta yang berjumlah 120 orang siswa dengan sampel 89 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara fasilitas belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,826 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988. Keaktifan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 7,050 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988. Secara simultan ada pengaruh antara fasilitas belajar dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 48,175 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,100. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,727 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R)2 sebesar 52,8%. This research purpose is to find out the influence of learning facilities and learning activities toward learning outcomes of accounting computer subject ofclass XI Accounting SMK PGRI 1 Jakarta. This type of research is survey, with quantitative approach. Data recording, observation and questionnaire are research technique. Total population in this study were 120 students with a sample of 89 students of XI accounting class in SMK PGRI 1 Jakarta. The data analysis technique used was multiple linear regression, and the hypothesis test consist of t-test and F-test. Based on the analysis of the data found that there was a partial effect between learning facilities toward learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis showed tcount 6,826 greater than ttable 1,988. Meanwhile, the partial use of learning activities toward learning outcomes, it is seen from the results of data analysis showed tcount 7,050 greater than ttable 1,988. Simultaneously there is influence of learning facilities and learning activities toward learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis showed Fcount value of 48,175 is greater than the value of Ftable 3,100. There was a significant positive influence of learning facilities and learning activities toward learning outcomes with multiple correlation coefficient 0,727 thus, the research hypothesis is accepted and determination coefisien for (R)2 was 52,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si, 2) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:34
Last Modified: 16 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item