PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP RISK MANAGEMENT DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2015

FARIS AMMAR, . (2017) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP RISK MANAGEMENT DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FARIS AMMAR_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemilikan Institusional dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Risk Management Disclosure (RMD) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepemlikan Institusi dan Ukuran Dewan Komisaris. Variabel terikat yang digunakan adalah Risk Management Disclosure (RMD). Penelitian ini juga menggunakan empat variabel kontrol yaitu, Profitability dengan proksi ROA, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan (annual report) perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012 -2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional dan Ukuran Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap Risk Management Disclosure (RMD). ROA, Leverage dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap RMD, sedangkan Umur Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap RMD The aim of this study is to determine the effect of Institutional Ownership and Board of Commissioner to the Risk Management Disclosure (RMD) on Manufactur Sectors Listed by IDX Period 2012 - 2015. Independent Variable of these study are Institutional Ownership and Board of Commissioner. While dependent variable is Risk Management Disclosure (RMD). Moreover control Variable in these study are ROA, Leverage, Firm Size, and Firm Age. The data used in this study are annual reports of manufactur sectors that published by IDX during 2012 – 2015. The sampling method of this study is purposive sampling technique. The research model in this study employs panel data analysis with Fixed Effect Model approach. The empirical result shows that Institutional Ownership and Board of Commissioner do not have significant impact on Risk Management Disclosure (RMD). ROA, Leverage and Firm Size do not have significant impact on Risk Management Disclosure (RMD), while Firm Age have positif and significant impact on Risk Management Disclosure (RMD)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suherman, M.Si 2). Dr. Gatot Nazir Ahmad, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:09
Last Modified: 16 Mar 2022 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item