HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK CITRA BANGSA BOGOR

MUHAMAD ARJUNA AHMADI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK CITRA BANGSA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8135118137_Chapter 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
8135118137_Chapter 3.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8135118137_Chapter 2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
8135118137_Chapter 5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
8135118137_Chapter 4.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Table of contain.pdf

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Citra Bangsa Bogor, selama enam bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Mei 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Fasilitas Belajar pada siswa SMK Citra Bangsa Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan siswa kelas 11 yang berjumlah 146 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan propotional random sampling sebanyak 100 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 64,117 + 0,130 X1 + 0,150 X2. Uji normalitas data yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS v. 22 uji Lilliefors, ketiga variabel yaitu Hasil Belajar Kewirausahaan (Y), Lingkungan Belajar (X1), Fasilitas Belajar (X2) memiliki nilai signifikansi melebihi 0,05. Maka dapat disimpulkan data ketiga variabel tersebut berdistribusi normal. Uji Linieritas dengan program SPSS yaitu dengan Test of Linearity. Hasil dari Uji Linieritas yang dilakukan pada X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y memiliki nilai uji linieritas sebesar 0,000. Karena nilai ini lebih kecil dari 0,005. Maka variabel X1 dinyatakan terdapat hubungan linearitas dengan variabel Y. Selanjutnya hasil dari uji t lingkungan belajar dengan hasil belajar kewirausahaan thitung (6,241) > ttabel (1,988) dan fasilitas belajar dengan hasil belajar kewirausahaan menghasilkan thitung (5,002) > ttabel (1,988), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara lingkungan belajar dengan hasil belajar kewirausahaan serta fasilitas belajar dengan hasil belajar kewirausahaan. Koefisien determinasi variabel lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha yang diperoleh sebesar 37,3% artinya variabel lingkungan belajar di pengaruhi oleh lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dan variabel fasilitas belajar dengan hasili belajar kewirausahaan diperoleh sebesar 30,1% artinya variabel fasilitas belajar di pengaruhi oleh kelengkapan peralatan. This research was conducted at SMK Citra Bangsa of Bogor for six months, starting from January 2017 to May 2017. The purpose of this study is to determine whether there is Relationship between Learning Environment and Learning Facilities with Interest at SMK Citra Bangsa of Bogor. The method used is survey method with the correlational approach, the population in this study were students of grade 10 and grade 11, consist of 146students. The sampling technique is used propotional random sampling consist of 100 students. The resulting regression equation is Ŷ = 64,117 + 0,130 X1 + 0,150 X2. Data normality test performed using SPSS v. 22 Lilliefors test, three variables are: Enterpreneur Interests (Y), Learning Environment (X1), Learning facilities (X2) have a significance value exceeds 0.05. So we can conclude the third data normally distributed variables. Linearity test with SPSS program is to Test of Linearity. Results of the linearity test performed on the X1 and X2 to test linearity Y has a value of 0.000. Because this value is smaller than 0.005. Then X1, otherwise there is a relationship with a variable linearity Y. The results of the t test learning environment with learning outcome enterpreneur thitung (6,241) > ttabel (1,988) and learning facilities with learning outcome enterpreneur produce thitung (5,002) > ttabel (1,988), so that it can be concluded there is a positive influence and significance of a learning environment with learning outcome enterpreneur and learning facilities and learning outcome enterpreneur. The coefficient of determination of learning environment variables with entrepreneurial learning achievement of 37.3% means that the learning environment variables influenced by school environment and community environment and learning facilities variables with the results of entrepreneur learning by 30.1% means that the learning facility variables are influenced by the completeness of the equipment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Corry Yohana, MM 2) Dra. Nurahma Hajat, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:49
Last Modified: 16 Mar 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item