PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN (Studi Kualitatif di SMA Negeri 25 Jakarta Pusat)

NURUL ANISA, . (2012) PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN (Studi Kualitatif di SMA Negeri 25 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 11.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
File 3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
File 4.pdf

Download (301kB)
[img] Text
File 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
File 6.pdf

Download (410kB)
[img] Text
File 7.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai penanaman nilai-nilai kejujuran melalui sarana kantin kejujuran yang terdapat di sekolah. Mengingat fenomena yang sekarang ini, dengan keadaan bangsa yang sedang tersandera oleh korupsi. Dan salah satu strategi untuk menghentikan rantai korupsi adalah dengan pencegahan yang dilakukan melalui pendidikan antikorupsi. Melalui pendidikan karakter inilah ditanamkan kejujuran pada kalangan generasi muda. Untuk menanamkan dan memperkuat rasa kejujuran, salah satu jalan yang ditempuh yaitu melalui kantin kejujuran yang berada di lingkungan sekolah. Dengan berbagai keunikan yang terdapat dikantin kejujuran yang serba sistem self servis dan menitikberatkan pada proses kesadaran dan pembelajaran pada diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian di lakukan dari pertengahan Januari sampai akhir April 2012 di SMA Negeri 25 Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, melakukan pengamatan secara langsung kelokasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara di lakukan pada 8 orang siswa dan 2 orang anggota OSIS sebagai Informan, 1 guru bidang kesiswaan sebagai Keyinforman dan Expert Opinion, Dr. Karnadi, M.Si selaku dekan FIP UNJ. Dari penelitian ini, ada beberapa temuan mengenai penanaman nilai-nilai kejujuran melalui kantin kejujuran, yaitu: pertama, kantin kejujuran sebagai sarana edukasi dan sebagai usaha preventif (pencegahan) korupsi sejak dini. Kedua, penanaman nilai-nilai kejujuran di titik beratkan pada proses moral feeling hal ini memberikan kesempatan siswa untuk berlaku baik dan memberi tanggung jawab kepada siswa. Melalui proses penelitian di lapangan, wawancara dan dokumentasi memberi gambaran bahwa manfaat kantin kejujuran sebagai sarana dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran telah berlangsung, hal tersebut dilihat dari keterangan siswa, pengamatan dan dari data penjualan kantin kejujuran yang positif, yaitu jarang merugi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Wuri Handayani, M.Si 2.) Drs. Moh. Maiwan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 23 Dec 2019 13:55
Last Modified: 23 Dec 2019 13:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item