PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 42 JAKARTA

MONICA DEWI, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MONICA DEWI_8105133125_SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi di SMK Negeri 42 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 42 Jakarta. Penelitian ini dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan tiga kali latihan dan satu kali ulangan harian, dimulai dari tanggal 7 April sampai dengan 5 Mei 2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 42 Jakarta dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan ditentukan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas soal dengan 30 butir soal telah divalidasi sebanyak 25 butir soal dan sisanya sebanyak 5 butir drop. Hasil uji reliabilitas soal diperoleh sebesar 0,803 artinya 80,3% soal reliabel. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji coba persyaratan analisis, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa kelas eksperimen diperoleh Lhitung (0,113) < Ltabel (0,147) ini berarti data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,101) < Ltabel (0,147) ini berarti data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas menunjukan bahwa Fhitung (1,22) dan Ftabel (1,76) ini berarti Fhitung (1,22)<Ftabel (1,76) maka data yang digunakan homogen. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa thitung (13,79) < ttabel(1,66) hal ini berarti terdapat pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 42 Jakarta. This aim of this research is to determine The Influence of Instructional Media E- learning Based Edmodo to Student Learning Outcomes in Basics of Banking on Class X Accounting at SMK Negeri 42 Jakarta. This research was conducted 8 times meeting with three practice and one daily test, starting from April 7 until May 5, 2017. The hypothesis of this research is that there is influence between Instructional Media E-learning based Edmodo to Student Learning Outcomes. The method that has been used was the quasi experimental method with design is post-test only control design. The population in this reserarch are all students in SMK Negeri 42 Jakarta and and reached population is all students of class X competence accounting skills are divided into two classes with the number 72 students. The sampling technique that has been used is simple random sampling with class X Accounting 2 as experiment class and X Accounting 1 as control class with total sample of each class is 36 students. The instrument used in this research is a test instrument in the form of multiple choice questions. Before the instrument was used, the validity test question with 30 items has been validated as many as 25 items and the remaining 5 drops. Results reliability test question obtained by 0.803 means 80,3% about reliable. The test result data was analyzed by normality test and homogeneity test as test of analysis requirement, followed by hypothesis test. Normality test results show that the experimental class obtained Lcount (0.113) <Ltable(0.147) This means that the data is normally distributed and in the control class obtained Lcount (0.101) <Ltable (0.147) this means the data is normally distributed. On homogeneity test showed that Fcount(1,22) and Ftable (1,76) this means Fcount (1,22) <Ftable (1,76) hence data used homogeneous. The result of hypothesis testing stated that tcount (13,79) < ttable (1,66) this means that there is influence of learning media of e-learning based on edmodo to student learning result of class X of accountancy skill competence at SMK Negeri 42 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si., 2) Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:06
Last Modified: 17 Mar 2022 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item