PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI AKUNTANSI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

DWI SULISTYAWATI, . (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI AKUNTANSI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DWI SULISTYAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI akuntansi SMK Tirta Sari Surya Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dalam beentuk tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa : (a) data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yang dibuktikan dengan Lhitung < Ltabel yaitu sebesar 0,12 < 0,13 pada kelas eksperimen dan 0,12 < 0,13 pada kelas kontrol. (b) data kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen yang dibuktikan dengan perhitungan Fhitung < Ftabel yaitu sebesar Fhitung (0,97) < Ftabel (1,65). Dan (c) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan kelas kontrol yang menggunakan metode inkuiri bebas yang dibuktikan dengan perhitungan uji –t didapatkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar thitung 2,09 > ttabel 1,662. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI akuntansi pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Tirta Sari Surya Jakarta tahun ajaran 2016/2017. This study aims to describe the implementation of guided inquiry learning methods on student learning outcomes on entrepreneurship subjects class XI SMK Tirta Sari Surya Jakarta academic year 2016/2017. This research uses experimental method. Data collection using research instruments in test form. While the technique of data analysis using normality test, homogeneity test, and test. Based on the results of data analysis indicate that: (a) experiment class data and control class normal distribution which is proved by Lhitung <Ltabel that is equal to 0,12 <0,13 in experiment class and 0,12 <0,13 at control class. (B) experimental class data and control class is homogeneous as evidenced by calculation Fhitung <Ftabel that is equal to Fhitung (0,97) <Ftabel (1,65). And (c) there is difference of student learning result between experimental class using guided inquiry method with control class using free inquiry method proved by calculation of t-test obtained tcount bigger than ttable that is equal to titung 2.09> ttabel 1,662. Thus it can be proven that the guided inquiry learning method influences the learning outcomes of students of class XI accounting on entrepreneurship subjects in SMK Tirta Sari Surya Jakarta academic year 2016/2017.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:21
Last Modified: 17 Mar 2022 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24696

Actions (login required)

View Item View Item