PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMKN 50 JAKARTA

MILA KAMELIA, . (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMKN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MILA KAMELIA AP 2013 (8105132214).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran pada siswa di SMK Negeri 50 Jakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 632 siswa. Dengan populasi terjangkau yaitu siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa dari kelas X program keahlian Admnistrasi Perkantoran. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai thitung sebesar 6,561 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671. Motivasi belajar secara parsial juga pengaruh signifikan terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,808 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671. Pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 45,499 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,153 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,0. Koefisien determinasi (R2) antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar otomatisasi perkantoran sebesar 60,7%. Hasil uji hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa 1.Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran yang artinya adalah apabila pemanfaatan sumber belajar meningkat. 2. Motivasi belajar intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran yang artinya adalah apabila motivasi belajar meningkat. 3. Pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran. This researches purpose is to find out the influence of the use of learning resources and learning motivation on student learning outcomes of office outomation in 50 Vocational High School either partially or simultaneously. This type of research is survey method with correlation approach. Data collection using questionnaires or questionnaires and documentation techniques. Total population in this study were all students of 50 Vocational High School, amounting to 632 students. With an affordable population of X Office Administration class students at 50 Vocational High School, amounting to 72 students. So the sample of 62 students of X Office Administration class in 50 Vocational High School. The data analysis technique used was multiple linear regression, classical assumption test, and the hypothesis test consist of t-test and F-test. Based on the analisys of the data found that there was a partially significant influence between the use of learning resources with student learning outcomes of office outomation. Can be seen from the results of data analysis that showed of tcount 6.561 is greater than the value of ttable 1.671. Meanwhile, the partial use of motivation learning is also a significant influence with learning outcomes of office outomation, this can be seen from the analisys of the data, it is seen from showed tcount5.808 is greater than the value of ttable 1.671. Utilization of learning resources and motivation learning effect simultaneously to the learning outcomes of office outomation. Can be seen from the result of data analysis showed the value of Fcount 45.499 is greater than the value of 3.153 Ftabel and significance value 0,000 <0,0. Coefficient of determination (R2) between the utilization of learning resources and motivation learning on learning outcomes of office outomation 60.7%. Result of hypothesis test yield conclusion that 1. Utilization of learning source have positive effect to learning result of office automation which means that if the utilization of learning resource increase. 2. Intrinsic learning motivation has a positive effect on the learning outcomes of office automation which means that if the learning motivation increases. 3. Utilization of learning resources and intrinsic learning motivation has a positive effect on the learning outcomes of office automation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Umi Widyastuti, SE, ME 2) Darma Rika S.,S.Pd,M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:41
Last Modified: 17 Mar 2022 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24707

Actions (login required)

View Item View Item