PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X PADA SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017

MIKE AYU ANGGIA PRATIWI, . (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X PADA SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MIKE AYU ANGGIA PRATIWI (8105133133).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi kelas X pada SMK Negeri wilayah Jakarta Utara tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 12 Jakarta dan SMK Negeri 23 Jakarta dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMK Negeri Rumpun Bisnis dan Manajemen yang berada di wilayah Jakarta Utara dan populasi terjangkau adalah siswa kelas X Program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 12 Jakarta Utara dan SMK Negeri 23 Jakarta Utara Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 104 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi nilai hasil belajar dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, didapatkan persamaan regresi berupa Ŷ = 32,359 + 0,235X1 + 0,232X2. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi parsial yaitu X1 terhadap Y sebesar thitung = 2,594 > tTabel =1,984 dan dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan X2 terhadap Y sebesar thitung = 2,897 > tTabel =1,984 dan dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan hasil perhitungan uji koefisien regresi simultan, nilai Fhitung = 21,937 > FTabel = 3,09 dengan signifikansi 0,000 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar. Antara kemandirian belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar memiliki keeratan hubungan sebesar 0,550 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,303. Jadi, sumbangan pengaruh dari variabel kemandirian belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 30,3%. This study aims to determine The Influence of Independence Learning and Interest Learning to Outcomes Learning in Accounting Introduction Class X at SMK Negeri North Jakarta Area in Academic Year 2016/2017. The research was conducted at SMK Negeri 12 Jakarta and SMK Negeri 23 Jakarta with survey method. The population is all students of class X at SMK Negeri Business and Management course located in North Jakarta area and reached population is Accounting students class X at SMK Negeri 12 North Jakarta and SMK Negeri 23 North Jakarta on Academic Year 2016/2017 with the amount of 144 students. The sampling technique used was proportional random sampling as many as 104 students. The data were collected by documenting the value of learning outcomes and distributing questionnaires. Based on the test, the regression equation obtained was Ŷ = 32.359 + 0,235X1 + 0,232X2.. Based on finding of the partial regression coefficient test, independence (2,594>1.984) can be conclude that the independence learning affects on learning outcomes significantly, for interest learning ( 2,897>1.984) can be conclude that the interest learning affects on learning outcomes significantly. While the finding of the regression coefficient test simultaneous, the value of F (21.937>3,09), with a sig. of 0.000. It can be conclude that there is an influence of independence learning and interest learning to learning outcomes simultaneously. Between independence learning and interest learning on learning outcomes have a close relationship of 0,550 with the value of determination coefficient is 0.303. So, the contribution of the independence learning and the interest learning to the learning outcomes is 30.3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Mardi, M.Si 2) Susi Indriani, SE, M.S.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:44
Last Modified: 17 Mar 2022 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24709

Actions (login required)

View Item View Item