PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMKN 03 DEPOK

MENTARI PRABAWATI, . (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMKN 03 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mentari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa inggris di SMKN 03 Depok. Penelitian ini dilakukan selama januari bulan, terhitung sejak bulan Januari 2017 sampai dengan bulan April 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 03 Depok dengan populasi terjangkaunya siswa Administrasi Perkatoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 75 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar(Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian mata pelajaran Bahasa Inggris semester genap. Kemudian data kecerdasan emosional (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kecerdasan emosional dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5.594 > nilai ttabel 1.669. Memudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara motivasi belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3.790 > nilai ttabel 1.669. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 45.152 > nilai Ftabel sebesar 3.12. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 33.786 + 0116X1 + 0.122X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.556 yang artinya kecerdasan emosional (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 55.6%. The purpose of this research was to determine the effect between emotional intellegence and learning motivation to learning outcomes in the subject of english language at SMKN 03 Depok. This research was conducted during January, starting from January 2017 until April 2017. This research used survey method with quantitative approach. The population in this study were all students of SMKN 03 Depok with the inaccessible population of class X (Ten) class of Student Affairs Administration with 94 students. Technique of sampling using random technique proportional, so got the number of research sample counted 75 respondents. Data collection techniques used survey techniques, document recording and questionnaires. To get the learning result data (Y), done by counting the average value of daily test result of English subjects even semester. Then the data of emotional intelligence (X1) and learning motivation (X2) Obtained from the results of the distribution of questionnaires on respondents. Data analysis technique performed is analysis requirements test consisting of normality test and linearity test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test consisting of F test and T test. Based on the result of the analysis, it is known that there is a partial influence between the intelligence Emotional and learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis known that the value of t count of 5.594> value ttabel 1.669. Then there is a partial influence between learning motivation and learning outcomes. Can be seen from the data analysis results note that the value of tcount of 3.790> ttable value 1669. Emotional intelligence and learning motivation simultaneously affect the learning outcomes, it is seen from the results of data that shows the value of Fhitung of 45.152> Ftabel value of 3.12. The regression equation obtained is Ŷ = 33.786 + 0116X1 + 0.122X2. Based on the determination coefficient test obtained value R2 0.556 which means emotional intelligence (X1) and learning motivation (X2) affect the learning outcomes (Y) of 55.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Umi Widyastuti, SE.,ME 2) Roni Faslah, S.Pd, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:51
Last Modified: 17 Mar 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item View Item