PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM BENTUK CD (COMPACT DISK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 31 JAKARTA

MEITY ISANTY, . (2017) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM BENTUK CD (COMPACT DISK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_MEITY ISANTY_8105133183_2017.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif dalam bentuk CD terhadap hasil belajar siswa kelas X akuntansi di SMKN 31 Jakarta pada kompetensi dasar menjelaskan dan mencatat transaksi dalam akun berdasarkan fakta dan data yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 31 Jakarta. Penelitian dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan dengan dua kali posttest, dimulai dari tanggal 7 Februari sampai 20 April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental dengan desain penelitian Randomized Subjects Posttest Only Control Group. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, sehingga ditentukan kelas X-AK2 sebagai kelas eksperimen dan X-AK1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen Lhitung (0,108) < Ltabel (1,50) dan pada kelas kontrol Lhitung (0,101) < Ltabel (1,50) ini berarti data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas menunjukkan bahwa Fhitung (1,34) < Ftabel (1,50) ini berarti data homogen. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa Thitung (4,72) > Ttabel (1,67) hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan multimedia CD interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMKN 31 Jakarta. The aim of this research is to determine the influence of interactive multimedia in the form of CD (Compact Disk) on student learning result of class X accounting at SMKN 31 Jakarta on basic competencies to explain and record transactions in accounts based on facts and data that are valid and reliable. This research was conducted at SMKN 31 Jakarta. The study was conducted in 10 meetings with two posttest, starting from February 7 until April 20, 2017. The research method used is Quasi Experimental method with research design Randomized Subjects Posttest Only Control Group. The affordable population in this study is the class X students accounting majors that are divided into two classes with a total of 70 students. The sampling technique using Simple Random Sampling, so the class X-AK2 is determined as the experimental class and X-AK1 as the control class with the sample number of each 35 students. The instrument used in this study is a test instrument in the form of multiple choice questions and essays. The test result data were analyzed by normality test and homogeneity test as test of analysis requirement, followed by hypothesis testing. The result of normality test shows that in Lcount experimental class (0,108) < Ltable (1,50) and in control class Lcount (0,101) <Ltable (1,50) this means normal distributed data. On homogeneity test shows that Fcount (1,34) <Ftable (1.50) this means homogeneous data. The result of hypothesis testing stated that Tcount (4.72)> Ttable (1.67) this means there is influence of the use of multimedia CD interactive to result of student study of class X of accounting at SMKN 31 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. 2) Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:03
Last Modified: 17 Mar 2022 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24723

Actions (login required)

View Item View Item