PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PHET INTERACTIVE SIMULATION PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS FISIKA SMA

FARAH NIDYA SAFITRI, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PHET INTERACTIVE SIMULATION PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FARAH NIDYA SAFITRI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Simulasi Phet Interaktif pokok bahasan Momentum dan Impuls untuk Fisika SMA sehingga layak dan dapat dijadikan bahan ajar untuk mendukung pembelajaran fisika. Pengembangan ini terdiri dari tahap 6 tahap, yaitu: Analisis Pembelajaran; Menentukan Standard dan Tujuan; Memilih Starategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Menggunakan Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik; dan Mengevaluasi dan Merevisi.LKS divalidasi oleh ahli materi, media, pembelajaran, dan guru SMA. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,77% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh presentase sebesar 88,07% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran memperoleh presentase sebesar 100,00% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba dengan uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0,75 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menyatakan Lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Simulasi Phet Interaktif pokok bahasan Momentum dan Impuls untuk Fisika SMA layak dapat dijadikan bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi. This study aims to develop Student Worksheet (LKS) Based Problem Based Learning (PBL) Assisted by Interactive Phet Simulation of Momentum and Impulse for High School Physics to be feasible and can be used as teaching materials to support physics learning. This development consists of 6 stages, namely: Learning Analysis; Determining Standards and Purposes; Choosing Starategi, Technology, Media, and Teaching Materials; Using Technology, Media and Teaching Materials; Developing Participation of Learners; And Evaluate and Revise. The LKS is validated by an expert in material, media, learning, and high schoo teacher. The results of validation by the material expert obtained a percentage of 79.77% which falls into the category of "very good". The results of validation by media expert obtained a percentage of 88.07% which falls into the category of "very good". The results of validation by the learning expert obtained a percentage of 100.00% which belongs to the category of "very good". The test results with the N-gain test obtained a value of 0.75 that falls into the high category. The result of the research stated that Student Worksheet (LKS) with Problem Based Learning (PBL) Assisted by Intercative Phet Simulation of Momentum and Impuls for High School Physics can be used as teaching material and can improve student learning result in high category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Vina Serevina, MM 2) Drs. Cecep E. Rustana, PhD
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:10
Last Modified: 17 Mar 2022 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item