PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) DI SMA NEGERI 4 JAKARTA PUSAT

DAVID FERNANDO PURBA, . (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) DI SMA NEGERI 4 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DAVID FERNANDO PURBA (8105133143).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peneliti dalam mengembangkan sebuah model pembelajaran ekonomi berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence) di SMA Negeri 4 Jakarta, Menilai validasi model baik secara isi, penyajian dan bahasa, memetakan kecerdasan siswa berbasis teori kecerdasan majemuk, mengetahui perbedaan pada aspek hasil belajar, kecepatan pemahaman, dan keaktifan siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ekonomi berbasis teori kecerdasan majemuk (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan model konvensional (kelas kontrol), dan mengembangkan desain model pembelajaran ekonomi berbasis teori kecerdasan majemuk yang sesuai dilaksanakan oleh guru ekonomi SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakann teknik tes, wawancara, kuesioner, lembar uji validasi dan observasi. Hasil kesimpulan peneliti adalah adanya buku pedoman model pembelajaran ekonomi berbasis teori kecerdasan majemuk melalui tahap R&D, model dinilai valid secara isi, penyajian, dan bahasa. Hasil pemetaan kecerdasan siswa di kelas X-IPS 2 meliputi kecerdasan linguistik dengan nilai 29, kinestetik 28, Kecerdasan musik, interpersonal dan intrapersonal dengan nilai 26, visual spasial dengan nilai 24. Perbedaan nilai pada kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dimana hasil belajar, kecepatan pemahaman dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk lebih baik dari model pembelajaran konvensional. This study aims to describe the process of researchers in developing an economic learning model based on multiple intelligence theory in SMA Negeri 4 Jakarta. Assessing the validation of both content model, presentation and language, mapping the students' intelligence based on multiple intelligence theory, The learning outcomes, the speed of understanding, and the activity of the students before and after the treatment in the classroom using the economic learning model based on the theory of multiple intelligences (experimental class) with the class using the conventional model (control class), and developing the design of economic learning model based on the theory of multiple intelligences As practiced by high school economics teachers. This research uses research development (Research and Development). Research design using Nonequivalent Control Group Design. Data collection uses test techniques, interviews, questionnaires, validation and observation test sheets. The conclusion of the researcher is the guidebook of economic learning model based on the theory of multiple intelligence through R & D stage, the model is considered valid by content, presentation, and language. The result of student intelligence mapping in class X-IPS 2 includes linguistic intelligence with value 29, kinestetik 28, musical intelligence, interpersonal and intrapersonal with value 26, visual spatial with value 24. Differences value in control class and experiment have significant difference where result learn , The speed of understanding and liveliness of students by applying comparative multiplication-based learning model better than conventional learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si ; 2). Suparno, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:54
Last Modified: 17 Mar 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24789

Actions (login required)

View Item View Item