PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTERNAL KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

DANA ISWATI, . (2017) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTERNAL KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-DANA ISWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator dari laporan keuangan pada Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Profitabilitas, Capital Turnover, Financial Leverage, Komposisi Aset, dan Ukuran Perusahaan digunakan sebagai variabel bebas yang diduga memberikan pengaruh terhadap variabel terikat Kecenderungan Kecurangan Akuntansi yang diproksikan dengan proksi dummy. Periode dalam penelitian ini selama tiga tahun, 2013-2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sebanyak 24 sampel perusahaan dari total 539 populasi. Hasil penelitian ini adalah Capital Turnover dan Komposisi Aset berpengaruh signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Sedangkan Profitabilitas, Financial Leverage, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada perusahaan yang terdaftar di BEI 2013-2015. This research studied the impact of financial statement indicator to Tendency of Accounting Fraud. Profitability, Capital Turnover, Financial Leverage, Assets Composition, and Firm Size were used as an independent variable which were assumed have an impact to Tendency of Accounting Fraud (dependent variable) proxy by dummy. Period used are three years, from 2013 to 2015, using secondary data such as financial statements published by Bursa Efek Indonesia (BEI). The techniques used for sampling is purposive sampling, hence 24 company with a total population of 539. The result was Capital Turnover and Assets Composition had a significant impact to Tendency of Accounting Fraud. Meanwhile, Profitability, Financial Leverage, and Firm Size had no significant influence to Tendency of Accounting Fraud in companies listed in BEI 2013-2015.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marsellisa Nindito, SE, M.Sc.Ak., CA 2). Adam Zakaria, SE.Akt., M.Si, Ph.D
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:59
Last Modified: 17 Mar 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item