PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 77 JAKARTA

FAJAR DWI APRIANTO, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
1. HALAMAN MUKA.pdf

Download (27kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
5. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
18. BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (55kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil tes awal kemampuan koneksi matematis yang telah diberikan kepada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta, menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa di kelas tersebut masih kurang baik. Maka dari itu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Generatif. Model pembelajaran Generatif merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan pada teori konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabe melalui penerapan model pembelajaran Generatif . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana untuk setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-D pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 77 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Dari jumlah seluruh siswa kelas VIII-D dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih berdasarkan hasil tes awal kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta mengalami peningkatan, baik dilihat dari keseluruhan siswa kelas VIII-D maupun dari keenam subjek penelitian. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes akhir di setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-D pada siklus 1 mencapai 53, pada siklus 2 meningkat menjadi 60 serta pada pada siklus 3 meningkat menjadi 79. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase siswa kelas VIII-D yang mencapai standar indikator keberhasilan, pada siklus 1 sebesar 25% dari 36 siswa mencapai standar indikator keberhasilan, kemudian pada sikus 2 meningkat menjadi 44% serta pada siklus 3 meningkat menjadi 81%. Sedangkan rata-rata nilai tes akhir kemampuan koneksi matematis subjek penelitian pada siklus 1 sebesar 69, pada siklus 2 meningkat menjadi 81 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 93. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta. Mathematical connection ability is one important aspect that must be possessed by students in learning mathematics. However, based on initial test result mathematical connection ability that has been given to students of class VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta, showed that the mathematical connection ability of students in the class is still not good. Therefore it takes effort to improve student’s mathematical connection ability. One alternative to overcome these problem is to apply the generative learning model. Generative learning model is one of the learning model based on constructivism theory. This study aims to improve the mathematical connections of students of class VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta on linear two variables equation system material through the application of generative learning model. This study used a qualitative approach to the type of classroom action research. This study is held in three cycles, which for each cycle consists of four stages that is planning, implementation, analysis and reflection. The study was conducted in class VIII-D in the even semester of the academic year 2017/2018 at SMP Negeri 77 Jakarta with a total of 36 students. From the total number of students of class VIII-D selected 6 students as research subjects selected based on initial test results of mathematical connection ability. Based on the research that has been done, mathematival connection ability of students of class VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta has increased, both seen from all students of class VIIID or from six research subject. This can be seen from the final test result in each cycle. The average value of the final test of mathematical connection ability of class VIII-D students in first cycle reached 53, in second cycle increased to 60 and on third cycle increased to 79. The increase can also be seen from the percentage of students of class VIII-D who achieved the standard of success indicator, in first cycle 25% from 36 students reached the standard of success indicator, then on second cycle increased to 44% and in third cycle increased to 81%. While the average value of the final test of mathematical connection ability of research subject in first cycle is 69, then in second cycle increased to 81 and in third cycle increased to 93. Based on these result, it can be conclude that the application of generative learning model can improve student’s mathematical connection ability on the material of two variabel linear equation system in class VIII-D SMP Negeri 77 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra Suprakarti, M.Pd 2) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:08
Last Modified: 17 Mar 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24792

Actions (login required)

View Item View Item